PisCok!. Pisang Coklat Ala Jineng, Favorite Anak- Anak.

Standard

Anak-anak tidak sabar menunggu saya di dapur menggulung kulit lumpia dengan isi pisang dan coklat. Sebentar-sebentar mereka muncul dan bertanya “ Sudah matang, Ma?”. Ketika saya bilang sebentar lagi, mereka kembali ke kamar. Namun beberapa menit kemudian kembali ke dapur dan bertanya “ Sudah matang, Ma?”

Hmm.. Pisang Coklat!. Makanan favorite yang suka disingkat dengan PisCok ini memang menggiurkan. Anak-anak sangat menyukainya. Tapi kalau kita selalu beli di restaurant, rasanya kok sayang duitnya ya?. Apalagi kelihatannya mudah cara pembuatannya. Bagaimana kalau kita bikin saja di rumah? Lumayan buat menemani minum teh di sore hari.

Bahannya sangat mudah di dapat, baik dari pasar traditional maupun dari Supermarket. Sesisir Pisang Raja, Kulit Lumpia , Coklat Misses/Susu Kental Manis Coklat, Keju (kalau suka) dan Putih Telur untuk merekatkan kulit lumpia serta Minyak Kelapa untuk menggoreng.

Caranya membuat juga sangat mudah. Kita bahkan bisa mengaja anak-anak untuk ikut membantu.

Pertama kita bentangkan selembar Kulit Lumpia diatas sebuah piring datar. Kupas pisang, boleh langsung letakkan di atas Kulit Lumpia atau dibelah dua sebelumnya. Tambahkan Coklat Misses (bisa diganti dengan Susu Kental Manis Coklat) di sekitar pisang. Bagi yang suka, bisa juga ditambahkan potongan keju.

Gulung pisang yang sudah ditaburi coklat perlahan, lalu rekatkan dengan putih telor untuk mencegah Kulit Lumpia terbuka saat digoreng. Goreng di dalam minyak yang panas dan segera angkat begitu Kulit Lumpia terlihat berwarna Coklat dan matang. Hidangkan dengan teh hangat.

About these ads

17 responses »

  1. Pingback: Pisang Bakar Coklat Keju ala Jineng… kesukaan anak-anak « nimadesriandani

    • Mengering ya? mmm.. sayang saya juga nggak tahu jawabannya. Tapi biasanya saat digoreng,coklat sih pasti meleleh Mbak. Kalau dingin baru biasanya dia mengering perlahan.
      Apa barangkali ada kaitannya dengan jenis coklat/misses yang dipakai ya Mbak? Kalau pake susu coklat malah meleleh banget..Tapi saya sih suka seketemunya saja. Jika ada coklat balok, saya pake coklat yang balok, jika adanya coklat mises ya pakai coklat misses aja. Kalau adanya susu coklat..ya saya kadang pakai juga. Cuma saya takar kira-kirain aja biar nggak beleber..
      Sorry ya kalau jawabannya kurang bisa membantu banyak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s