Bunga Melati Belanda, Si Cantik Yang Feminine & Romantis.

Standard

Jika sedang berjalan-jalan pagi di perumahan, tak jarang kita melihat berbagai jenis tanaman berbunga cantik merambat di pagar-pagar rumah orang. Ada yang berwarna merah, putih, ungu, kuning dan lainnya. Demikian juga bentuk mahkota bunga serta ukurannya. Sangat beragam. Kecil, sedang, besar, seperti bintang, seperti tabung dan sebagainya. Tanaman pagar memang selalu menyenangkan untuk dilihat.

Salah satu tanaman yang menarik untuk dirambatkan dipagar rumah adalah apa yang kerap disebut oleh tukang tanaman sebagai Melati Belanda ( Quisqualis indica). Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Chinese Honeysuckle. Tanaman ini sangat menarik terutama karena kombinasi warna bunganya dalam setangkai yang merupakan campuran warna merah,  pink, putih dan hijau. Campuran warna dalam setangkai ini terjadi karena, dalam tangkai yang sama terdapat banyak sekali kuntum bunga  yang mulai mekar bertahap. Kuncup bunganya berwarna hijau segar, begitu mekar lalu keluar bunga yang berwarna merah, untuk berikutnya memudar berwarna pink lalu putih. Terlihat sangat cantik, feminine dan romantis.

Yang jelas tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk mengoptimalkan keberhasilannya dalam memamerkan keindahan bunganya.  Dan tentunya karena batangnya yang lemah, sebaiknya memang ditanam didekat pagar atau dibantu tiang penyangga agar memiliki tempat bersandar. Kalau kita melintas di dekatnya, bukan saja kita melihat pemandangan yang cantik romantis, namun dari bunga yang berbentuk tabung mekar ini sayup-sayup juga tercium wangi yang lembut. Sangat cocok dimanfaatkan  untuk mengundang kupu-kupu agar datang ke halaman rumah kita.

 

 

About these ads

11 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s