Balinese Potpourri Bikinan Sendiri.. Aktifitas Akhir Pekan

Gallery

Potpourri cukup banyak dijajakan orang sebagai alternative pengharum ruangan dengan thema Aromatherapy yang lagi booming. Banyak peminatnya karena tampilannya yang sangat natural dan berkelas. Harganya pun cukup lumayan. Sayang , belakangan ini kwalitas potpourri yang kita temukan di pasar mulai beragam. Banyak yang hanya memasukkan bahan natural kering abal-abalan yang tak memiliki potensi fragrance yang baik di poles dengan aneka warna untuk membantu penampilan visual yang lebih baik.
Mengapa kita tidak buat sendiri di rumah? Paling tidak untuk keperluan sendiri..misalnya untuk ruang tidur atau ruang keluarga. Banyak hal di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan tanpa kita sadari. Ide untuk membuat sendiri potpourri ini saya dapat ketika melihat banyak sekali bunga bunga frangipani yang harum berguguran di halaman tanpa guna. Sayang….

Membuatnya cukup mudah, dengan step step sebagai berikut:

1. Panen bunga-bunga yang secara alami memang memiliki potensi wangi alami ( misalnya; kamboja jenis kuning, lavender, kenanga, jenis mawar tertentu, melati, cempaka, tanjung, dsb – sesuai dengan yang ada di halaman rumah). Untuk mendapatkan kwalitas yang baik, bunga dipetik saat mekar penuh

2. Beberapa jenis daun dan bahan lain juga mengandung wangi alam seperti misalnya daun jeruk purut, pandan, daun sereh /lemongrass, pinus, cemara, kayu manis, pala, cengkeh, kulit jeruk dsb. Bila menggunakan kulit jeruk, agar diiris tipis biar mudah kering.

3. Semua bahan di jemur di terik matahari atau diangin-anginkan sampai kering. Usahakan jangan kena air untuk menghindari pertumbuhan jamur. Dibutuhkan 1- 2 minggu pengeringan tergantung cuaca – untuk membuat bunga-bunga kering.

4. Campurkan bahan yang ada sesuai dengan aroma yang disukai – misalnya kalau mau wangi lebih fresh banyak gunakan campuran bahan kulit/daun jeruk, lemongrass dan bunga kemuning. Sebaliknya kalau mau wangi yang lebih lembut gunakan campuran bunga mawar, melati dsb. Untuk meningkatkan aroma hangat bias ditambahkan rempah seperti pekak, pala ataupun cengkeh. Tempat yang terbaik untuk menyimpan bunga kering ini adalah pot gelas dengan penutup yang kedap udara.

5. Walaupun bunga bunga kering ini sudah wangi, namun wanginya secara umum masih terlalu lemah dan sayup-sayup. Untuk memperkuat wanginya, tambahkan setetes essential oil dari jenis yang disukai lalu aduk aduk merata, tutup dan sekap di dalam ruangan yang tidak terkena matahari langsung selama kurang lebih 2 minggu. Usahakan untuk selalu bisa mengaduk campuran ini setiap hari agar wanginya merata. Dalam waktu 2 minggu potpourri telah siap digunakan untuk mengharumkan ruangan keluarga anda.

6. Agar wangi potpourri tidak cepat menguap dan tahan lama, tambahkan bahan alam yang bersifat fixative terhadap wangi misalnya yang mudah kita temukan di sekitar kita adalah kulit pohon kayu manis.

Related articles:

https://nimadesriandani.wordpress.com/2011/04/24/bunga-jempiring-nan-anggun/

https://nimadesriandani.wordpress.com/2010/12/24/perfuming-your-garden-cara-membuat-halaman-rumah-semerbak-mewangi/

https://nimadesriandani.wordpress.com/2010/12/31/bunga-kenanga-si-bunga-teladan-bagi-masyarakat-bali-penghasil-essential-oil-untuk-aromatherapy/

5 responses »

    • Hi Yuricha,
      Ya Potpourri memang menyenangkan. Kita bisa bikin sendiri di rumah saat saat senggang, dari bahan bahan yang ada di sekeliling kita. Lumayan untuk menyenangkan diri sendiri. Selain itu, jika kita mau kemas sendiri dengan lebih serius, mungkin bisa dijadikan peluang bisnis.

  1. sis, saya punya potpourri dirumah , cuma sedikit bingung karna wangi nya cuma bertahan beberapa hari saja. bagaimana ya biar aroma nya tahan lama

  2. Mau nanya yaa kk, tempat potpourri ini harus stoples kaca yaa ?? Gk boleh stoples plastik ??

    Tlg dijawab yaa.. makassihh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s