Lime Butterfly… Si Kupu-Kupu Jeruk..

Gallery

Kupu-kupu Jeruk/Lime/Lemon Butterfly (Papilo demoleus) adalah kupu-kupu yang sangat umum kita temukan beterbangan di antara bunga-bunga baik di halaman, taman maupun lahan kosong bersemak. Oleh para ahli, kupu-kupu jenis ini dimasukkan ke dalam golongan “ swallowtail butterfly” walaupun ia tidak memiliki tonjolan mirip burung layang-layang pada sayap belakangnya.

Kupu –kupu ini mudah dipancing datang ke halamaan kita, hanya dengan menanam beberapa jenis bunga-bungaan yang berwarna cemerlang seperti misalnya Tapak Dara, Zinnia, Lavender, Asoka, Lantana dll. Hanya untuk berkembang biak ia lebih memilih pohon jeruk. Di daun jeruk inilah ia biasanya bertelor dan menetas menjadi larva dan kemudian berkepompong, sehingga masyarakat umum menamainya Kupu-Kupu Jeruk.

Warnanya sangat menarik. Pinggiran hitam dengan bercak bercak oval, persegi atau tak beraturan berwarna krem. Ada beberapa gradasi warna yang pernah saya lihat, mulai dari krem putih, krem kekuningan hingga krem coklat. Pada sayap belakangnya umum kita temukan 2 bercak orange mirip mata, yang mungkin berguna untuk menakuti predator. Larvanya berupa ulat pohon jeruk yang pada awalnya berwarna hitam berbercak putih kemudian berubah menjadi berwarna hijau dengan ukuran cukup besar sebelum akhirnya menjadi kepompong.

Kupu-kupu jenis ini terbang melayang dengan kepakan sayap sedang, sehingga mata kita masih bisa mengikuti dengan mudah. Terbangnya pun tidak terlalu tinggi, hanya dari bunga ke bunga rendah.

5 responses »

  1. Liat ulat kupu2 jeruk jadi ingat ketika adik perempuan ku membunuh semuanya yang ada dipohon jeruk sunkist didepan rumah…karena dianggap merusak daun tanaman ibu kami..hehehe

    Padahal pada akhirnya tu ulat jadi kupu2 cantik ya?

  2. Iya, sayang juga tu ulat mati semua. Tapi tak beberapa hari kemudian muncul juga banyak kupu2 jeruk seperti diatas (mungkin yang selamat tidak keliatan sama adikku hehehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s