Sambel Matah & Sambel Cicang ala Jineng… ada yang mau resepnya?

Gallery

Cicang atau Kecicang adalah penamaan untuk bunga dari tanaman yang masih sekeluarga dengan lengkuas masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae, memiliki warna pink halus yang memikat dan bersifat aromatik. Di Jawa dan tanah Pasundan/Betawi, bunga tanaman ini disebut Kecombrang atau Honje.

Di Bali, bunga Cicang ini umum digunakan sebagai campuran Sambal Matah untuk menemani Ayam/Ikan Bakar ataupun Goreng.

Resep untuk membuat Sambal Cicang:

1. Bersihkan bunga Cicang. Buang 2-3 lembar kelopak terluarnya lalu cuci dengan air bersih. Iris-iris tipis hingga ke pangkal bunganya. Sisihkan.

2. Bersihkan dan cuci bawang merah, lalu iris tipis-tipis.

3. Cabe rawit merah atu hijau/boleh ganti dgn cabe keriting kalau cabe rawit lagi tidak ada, iris tipis spt cincin

4. Panaskan minyak untuk menumis terasi. Lalu masukkan kecombrang, disusul dengan irisan bawang dan cabe. tambahkan sedikit garam dan angkat dengan cepat dalam keadaan bawang masih mentah, jangan sampai bawang layu. Pemanasan ini hanya sekedar menghilangkan bau langu bawang mentah. Cara lain, bisa juga dengan mengaduk terasi matang, kecombrang, bawang , cabe dan garam di piring kemudian diseduh dengan minyak kelapa panas.

5. Tuangkan ke mangkok atau piringkecil, Siram dan aduk sambal matah Cicang dengan perasan jeruk limau. Siap dihidangkan.

Catatan;
1. Untuk mendapatkan aroma dan cita rasa yang lebih enak, sebaiknya gunakan Minyak kelapa yang dibuat secara traditional, bukan buatan pabrik (Lengis Melah- Bahasa Bali)
2. Bunga Cicang juga bisa digantikan dengan batang Cicang yang masih muda yang disebut Bongkot, sehingga namanya diganti menjadi Sambel Bongkot.

3. Untuk mrmbuat Sambel Matah biasa, cara pengerjaannya persis sama dengan Sambel Cicang, hanya tanpa menggunakan bahan Cicang saja.

4. Bagi yang tidaak menyukai terasi, boleh juga membuatnya tanpa terasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s