Chicken Clear Soup…Alias Soto Ayam Ala Jineng

Standard

Pada suatu siang seorang teman yang berkewarganegaraan Inggris mengatakan kepada saya bahwa ia paling menyukai salah satu masakan asli Indonesia yakni Chicken Clear Soup. Sebagai warga Negara Indonesia, tentulah saya sangat  bangga akan hal itu. Wah.. lumayan nih, ada lagi yang menyukai masakan Indonesia! Segera saya tersenyum senang sambil diam diam  bertanya-tanya dalam  hati, makanan apakah itu gerangan yang bernama Chicken Clear Soup – kok rasanya tidak pernah dengar. Jangan-jangan itu makanan Malaysia atau Thailand atau negara Asia lainnya yang salah sebut.

Kebetulan saat itu memang jam makan siang dan kami akan makan di restaurant yang menyediakan berbagai jenis masakan termasuk di dalamnya masakan Indonesia. Lalu ia menunjuk ke salah satu pojok di restaurant itu yang menyediakan Chicken Clear Soup. Alamaaak!!!. Rupanya yang berjudul Chicken Clear Soup itu ternyata adalah Soto Ayam. Iya, soto ayam yang sehari-hari kita masak di rumah di dapur kita itulah yang rupanya bernama Chicken Clear Soap. Jadi memang tidak salahlah kalau saya tadi berbangga hati, karena Chicken Clear Soup alias Soto Ayam itu memang benar masakan Indonesia asli. Yah.. mungkin sang pemilik restaurant sengaja memberi nama itu untuk memudahkan orang asing memahami jenis makanan apa yang sedang dipesannya itu. Judul Cicken Clear Soup jelas lebih mudah dimengerti oleh mereka yang tidak berbahasa Indonesia ketimbang Judul Soto Ayam.

Soto Ayam banyak ragamnya di Indonesia  namun di sini saya ingin berbagi bagaimana kami biasanya menyiapkan Soto Ayam alias Chicken Clear Soup itu menu  sehari-hari di rumah.

Bahan utama yang perlu disiapkan adalah, ayam, telor rebus, tauge kacang ijo, soun yang telah direndam air panas, irisan kol. Untuk bumbu, diperlukan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, kemiri, jeruk nipis, garam, sedikit lada/merica dan ketumbar. Untuk taburan diperlukan Kacang goreng (bisa kacang Bali, kacang tanah goreng, kacang kedelai goreng, biji kacang panjang goreng, dsb), irisan daun bawang dan seledri. Sambal & kerupuk buat tambahan, bagi yang suka.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama ulek bumbu untuk kuah soto yakni bawang merah, bawang putih, lengkuas, merica, ketumbar, kemiri, jahe, kunyit & garam hingga halus.  Kemudian rebus ayam  sudah dipotong & dibersihkan dalam panci beserta bumbu yang sudah diulek halus dan daun salam (kita bisa meminta tukang ayam langsung membersihkannya). Setelah matang, angkat ayam dari dalam panci dan tinggalkan kuah rebusannya untuk kuah soto.

Goreng dada dan paha ayam hingga kekuningan, lalu suir suir dan tempatkan dalam piring.  Rebus telor ayam, lalu potong potong persegi. Rebus juga soun dan tauge, lalu tiriskan dan tempatkan masing masing dalam piring. Kol mentah dicuci lalu diris tipis tipis.

Untuk menyajikannya, masukkan dan atur semua bahan (soun, tauge,irisan kol, ayam suir, potongan telor), lalu siram dengan kuah soto yang panas. Taburkan irisan seledri, kacang dan daun bawang, tambahkan perasan jeruk nipis. Bagi yang suka pedas boleh menambahkan sambal. Sajikan dalam keadaan panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s