Green & Healthy Living…meningkatkan kualitas kehidupan dengan memperbaiki kualitas lingkungan

Standard

Siang tadi saya mendapat undangan untuk hadir dalam acara Green & Healthy Living di Bintaro. Walaupun saat ini saya hanya berhasil masuk nominasi dengan mendapatkan hadiah voucher belanja dari sebuah hypermarket dan bebas pembayaran uang iuran kebersihan & keamanan selama 3 bulan, saya sungguh merasa sangat senang.

Rasa senang terutama datang karena ternyata memang pihak Bintaro Jaya sangat menaruh perhatian akan masalah lingkungan, sehingga menyempatkan untuk melihat-lihat dan menilai aktifitas warganya dalam meningkatkan kwalitas kehijauan lingkungan perumahannya.

Terus terang saya sempat kaget & tentunya sangat senang saat dihubungi pihak Bintaro Jaya pada bulan Juni tahun lalu bahwa saya memenangkan Green & Healthy Living Competition saat itu, karena sebelumnya saya tak pernah ngeh akan adanya kompetisi Green & Healthy ini. Saya menghijaukan rumah saya bukan karena ingin memenangkan kompetisi itu, namun karena saya memang ingin mencitakan kwalitas hidup yang lebih sehat dan damai untuk diri saya, keluarga dan lingkungan sekitar saya. Jadi, menang atau tidak menang, saya tetap merasa sangat senang.

Saya yang memang tumbuh di alam, kebetulan memang sangat menyukai alam terbuka, tanaman dan rumput hijau. Sehingga untuk menyeimbangkan kehidupan saya dari kesibukan kantor serta pengap & panasnya udara Jakarta dan sekitarnya, di waktu luang saya selalu menghabiskan waktu untuk mengurus halaman rumah & tanaman agar selalu hijau, segar dan teduh. Menggemburkan tanah, mencabut rumput, memberi pupuk, pruning, menyiram dsb. Oksigen mengalir dengan baik dan saya bisa bernafas normal dan merasa damai kembali, setiap kali ada di halaman rumah yang penuh tumbuhan. Tanaman-tanaman yang saya tanam di halaman itupun banyak yang sangat bermanfaat. Ada pohon buah-buahan (mangga, rambutan) yang dihadiahkan oleh salah seorang sahabat baik saya, tanaman hias/bunga-bungaan yang membuat halaman menjadi sumringah dan wangi, tanaman dapur hidup & apotik hidup yang saya manfaatkan untuk keperluan sehari-hari (jeruk nipis, jeruk limau, jeruk purut, sereh, cabai, kunyit, kemangi, dll).

Go Green! Buat saya selayaknya memang jangan hanya menjadi slogan semata, namun sesuatu yang harus kita lakoni, kecil sekalipun. Tidak perlu memiliki lahan yang luas atau halaman rumah yang super lebar untuk memulai kegiatan Go Green. Tinggal di rumah sepetak atau bahkan di kamar kost-pun kita sebenarnya bisa melakukan aktifitas hijau ini. Kita bisa memulai dengan pot tanaman kecil, lalu jika memungkinkan bisa ditambahkan menjadi beberapa pot tanaman dan demikian seterusnya. Semakin lebar semakin banyak. Yang penting kita bisa membantu lingkungan untuk mendaur ulang karbon dioksida di udara dan menggantinya dengan oksigen yang menyegarkan dari tiap helai daun tanaman kita. Kadang beberapa teman berpikir bahwa memelihara tanaman membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Mungkin saja kalau semuanya kita beli dan perawatannya kita serahkan kepada orang lain. Namun saya rasa tidak selalu harus demikian karena dalam beberapa hal sebenarnya kita bisa sedikit hemat & kreatif misalnya dengan mendapatkan anakan tumbuhan dari teman yang mempunyai lebih, atau stek batang tanaman di rumah saudara atau kenalan kita. Wadah tanaman juga tidak harus membeli yang mahal. Kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas, misalnya bekas botol aqua, bekas kaleng susu, bekas panci dsb. Pupuk, kita juga bisa memanfaatkan daun-daun kering yang dibuat kompos, atau bahkan sisa-sisa keperluan rumah tangga seperti misalnya bekas seduhan teh dsb.

Ajakan saya mungkin terdengar sangat klise karena saking seringnya kita membaca himbauan dan slogan-slogan Go Green itu digaungkan, tapi walaupun saya bukan aktifis lingkungan hidup yang aktif bekerja demi keberlangsungan lingkungan hidup sekitar kita, saya merasa ajakan ini tetap relevant dan saya tetap akan mengajak dan mengingatkan kembali akan perlunya kita menghijaukan lingkungan kita. Demikian juga terhadap pihak Bintaro Jaya, walaupun saya sadari aktifitas Green & Healthy ini mengadung muatan pemasaran , namun tetap saya menyatakan salut buat Bintaro Jaya!

Leave a Reply

