Green Colour Therapy, The Balancing Colour From Your Garden.

Standard

Sama halnya dengan Aromatherapy yang banyak digunakan pada produk perawatan kosmetika, salon, spa dan sebagainya untuk membantu memberikan pengaruh positive baik secara fisik maupun psikis pada diri kita, Colour therapy pun sesungguhnya telah dikenal selama ribuan tahun untuk membantu memberikan therapy fisik maupun emosional pada manusia.

Therapy ini cukup dikenal luas penggunaannya dan bahkan jika kita perhatikan baik-baik, beberapa maskapai  penerbangan internasional juga menyediakan program colour therapy ini  yang bisa kita akses lewat earphones  guna membantu meningkatkan kondisi fisik dan psikis  para penumpang yang  duduk dalam penerbangan yang panjang. Walaupun kita hanya dituntun lewat earphones untuk membayangkan melakukan journey dari satu warna ke warna yang lain, namun efeknya sungguh sangat lumayan. Jika kita mengikuti program ini dengan baik, maka saat turun dari pesawat badan kita terasa lebih segar jika dibandingkan jika tidak mengikuti tuntunan colour therapy ini. Jet lag –pun terasa berkurang.

Seperti yang diketahui oleh umum, bahwa warna sesungguhnya adalah cahaya yang memiliki energy dan  panjang gelombang yang berbeda beda. Energy inilah yang dikaitkan dengan masing-masing Chakra dalam tubuh manusia, guna membantu untk menyeimbangkannya, sehingga tingkat kesehatan yang lebih baik bisa dicapai.  Untuk mendapatkan benefit yang optimal, Colour therapy ini idealnya kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu  cara yang mudah untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan memanfaatkan warna-warna yang ada di sekitar kita. Karena saya sangat menyukai tanaman, maka saya sangat tertarik untuk memanfaatkan warna- warni tanaman untuk membantu saya mendapatkan kesehatan saya agar lebih baik. Faktanya memang jika saya lebih sering berada di alam terbuka dan diantara tanaman tanaman yang berwarna warni saya merasakan kesehatan yang lebih baik.

Salah satu warna yang menarik adalah hijau. Warna hijau konon jika dikaitkan dengan system chakra dalam  tubuh manusia itu adalah berkaitan erat dengan Chakra Jantung. Chakra ke empat dari 7 chakra utama yang letaknya di antara 3 chakra diatasnya dan 3 chakra lagi di bawahnya. Oleh karena itu warna hijau ini sangat erat dikaitkan dengan keseimbangan.  Sedangkan Chakra Jantung sendiri sangat erat kaitannya dengan perasaan cinta & kasih sayang tanpa syarat. Sehingga jika Chakra ini dalam keadaan bersih dan seimbang, maka kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup kita.

Untuk mendapatkan warna hijau, kita bisa memanfaatkan berbagai tanaman hias berdaun indah untuk kita tanam baik dalam pot maupun di halaman rumah kita. Beberapa diantaranya yang memiliki bentuk dan warna yang menarik serta mudah didapatkan adalah Pakis, Daun Lotus, Palma, Pinus, Cypress, Meniran dan lain-lain. Memandang daun tanaman-tanaman ini untuk beberapa menit setiap hari,  membuat kita seakan menerima saluran energy yang sangat menyegarkan dan meneduhkan jiwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s