Purple Colour Therapy From Your Garden – Calming & Relaxing..

Standard

Warna ungu, merupakan salah satu warna yang kita kenal sejak kecil sebagai salah satu warna penting yang menyusun warna pelangi – mejikuhibingu. Warna ungu ini merupakan gelombang yang memiliki ukuran  yang paling pendek jika dibandingkan dengan warna merah misalnya, namun memiliki energy yang paling tinggi. Dalam system pengobatan alami (natural healing) yang menggunakan konsep pengaruh warna (colour therapy), gelombang warna ungu ini dimanfaatkan untuk membantu menyeimbangkan Chakra Mahkota yang  merupakan salah satu dari 7 chakra chakra penting dalam tubuh manusia yang mengatur energy kehidupan manusia.

Chakra Mahkota atau dalam bahasa Sansekertanya disebut Sahasrara terletak di atas kepala kita dan dikaitkan  fungsinya dengan kesadaran akan ke”Tuhanan’, tingkat intelektual yang tinggi & kesadaran akan semesta. Ketidakseimbangan pada Chakra Mahkota ini, sering ditandai dengan rasa tidak nyaman di kepala, sering pusing, sakit kepala, gangguan keseimbangan kanan dan kiri, peka terhadap cahaya, ganguan kulit dan sebagainya.   Salah satu cara untuk membantu meringankan gangguan ketidakseimbangan pada Chakra Mahkota ini adalah dengan memperbanyak paparan terhadap benda-benda yang berwarna ungu. Karena idealnya pemaparan terhadap warna ini perlu kita lakukan setiap hari, maka salah satu cara yang menyenangkan untuk melakukan Colour therapy ini adalah dengan memanfaatkan  tanaman- tanaman yang berbunga ungu di halaman rumah kita.Tanaman berwarna ungu tidak hanya memberikan keindahan namun juga   memberikan suasana yang menenangkan dan menyejukkan kepada siapa saja yang memandangnya.

Konon menurut ilmu Feng Shui, tanaman hias yang berwarna ungu baik daunnya maupun bunganya, sebaiknya ditanam  di  halaman belakang rumah untuk membantu memberikan suasana yang lebih santai dan tenang, jauh dari hiruk pikuk dan gejolak sehingga pada akhirnya diharapkan dapat membantu memberi ketenangan dalam rumah tangga sang penghuni rumah. Saya bukan ahli Feng Shui, namun penjelasan ini bisa masuk ke akal saya, jika mengingat bahwa warna yang kita tahu adalah gelombang yang memiliki panjang dan energy tersendiri memang memberikan  dampak psikologis tertentu kepada kita . Dan teras belakang umumnya adalah tempat dimana keluarga biasa berkumpul dan bercengkerama menghabiskan waktu bersama. Memandang warna ungu di halaman, tentunya memberikan dampak yang membuat anggota keluarga merasa lebih relax dan jauh dari ketegangan.  Jadi masuk akallah buat saya, jika ada orang yang memberi advise bahwa sebaiknya bunga berwarna ungu ditanam di halaman belakang rumah. Dengan demikian, diharapkan ketegangan dan pertengkaran dalam rumah tangga bisa dikurangi. Namun tentu saja, hal ini juga harus diimbangi dengan upaya seluruh anggota keluarga untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam rumah tangganya dengan cara bersikap, bertindak dan berkata yang saling menghargai, saling memberikan perhatian dan kasih sayang.

Banyak sekali bisa kita temukan  bunga-bungaan di sekitar kita yang memiliki variant yang berwarna ungu. Beberapa diantara bunga dari jenis yang  berwarna ungu ini  bisa kita pilih untuk kita tanam di halaman antara lain:

1. Lavender .

Lavender, selain memberikan wangi sayup sayup yang sangat lembut dan menenangkan, warna ungunya juga sangat menarik dan bersih. Lavender ini tanaman yang sangat mudah ditanam dengan cara memotes batangnya yang telah tua & memiliki tunas-tunas baru. Jika mendapatkan air yang cukup, maka dalam waktu singkat Lavender akan berkembang menjadi rumpun yang cukup subur dan penuh dengan tangkai bunga berwarna ungu.

Lavender memiliki tangkai bunga yang panjang, yang juga memungkinkan untuk kita jadikan sebagai bunga potong yang dirangkai di dalam vas untuk menghiasi ruang keluarga.

Tanaman yang umum disebut Lavender di Indonesia, sesungguhnya berbeda dengan tanaman Lavender yang dikenal dunia secara umum. Walaupun sepintas terlihat mirip, namun jika kita perhatikan bunga dan daunnya, kita akan sangat mengerti bahwa itu adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Namun demikian, karena yang kita butuhkan disini adalah warna dan juga wanginya, maka yang manapun jenis yang bisa kita temukan di tukang tanaman, tentu tetap akan menberikan benefit bagi kita.

2. Morning Glory.

Morning Glory (Ipomea )yang merupakan keluarga ubi jalar ini merupakan tanaman merambat yang sangat cantik bila kita arahkan untuk merambat di dinding /pagar maupun di pohon di halaman rumah kita. Bunganya yang berukuran cukup besar cenderung  rajin berbunga, membuat pagar maupun dinding jadi terlihat cantik bak lukisaan, walaupun mekarnya  tidak penuh hingga sore hari.

Morning Glori jika kita perhatikan, terdiri atas  beberapa variant warna, ada yang putih, kuning pucat, pink dan ungu/biru. Untuk halaman belakang, sangat bagus jika  dirambatkan di halaman belakang.

3. Myana  Ungu ( Coleus)

Miyana memiliki daun yang berwarna warni yang sangat indah. Salah satunya ada yang berwarna ungu. Menananmnya sangat mudah, dengan cara menyamaikan biji-bijinya.

4. Tapak Dara Ungu / Rose Periwinkle (Catharanthus)

Tapak daramemiliki beberapa variant warna mulai dari yang putih, pink muda, pink, merah, merah tua, ungu. Tanaman ini juga sangat mudah kita tumbuhkan dengan hanya menebar bijinya yang sudah tua.

5. Teratai Ungu.

Salah satu bunga warna ungu yang menarik untuk ditanam adalah Teratai ungu (Nymphaea ) yang warnanya terlihat antara ungu kemerahan. Tanaman air ini cukup mudah dipelihara di dalam pot khusus untuk tanaman air.

Tanaman ini juga mekar di pagi hari saat matahari terbit hingga siang hari dan menguncup kembali di sore hari.

Masih banyak lagi bunga-bungaan lain yang berwarna ungu yang bisa kita temukan dengan mudah di sekeliling kita dan bisa kita manfaatkan untuk membantu meringankan beberapa masalah dalam tubuh dan emosi kita secara natural.

8 responses »

  1. Pingback: Blue Water Lily, the sacred flower. « nimadesriandani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s