Dan Azalea-pun Berwarna-warni..

Standard

Ada sebuah restaurant yang selalu menarik hati saya dan anak-anak untuk selalu datang dan datang lagi. Bukan saja karena masakannya yang enak dengan harga yang ‘reasonable’, namun lebih karena tempatnya yang menyenangkan buat anak-anak bermain dan restoran itu penuh ditanami dengan bunga-bunga indah yang biasa kita temukan di kota dingin. Sebagai salah seorang pencinta tanaman hias, tentu saja tempat ini menjadi sangat menarik buat saya.

Salah satu bunga yang saya lihat sangat menarik didisplay di sana adalah Azalea yang berwarna warni. Azalea sebenarnya perdu yang jarang bisa kita temukan di daerah tropis. Namun  di Indonesia terkadang bisa kita temukan di daerah daerah dingin. Sepintas lalu, saya juga pernah melihat tanaman ini dijajakan oleh tukang kembang  di Jakarta, namun saya tak jelas apakah  tanaman ini bisa berbunga selayaknya atau tidak jika kita pelihara di rumah.  Saya tidak sempat membeli tanaman ini karena keesokan harinya ketika saya melintas di sana kembali, tanaman itu sudah tidak ada lagi. Mungkin sudah laku.  Bunga yang aslinya berupa semak dari jenis Rhododendron ini , memang memiliki keistimewaan karena ukuran bunganya yang besar dan sangat memikat mata.

Semak Azalea ini umumnya ditanam di dekat pohon penaung, atau jika di dalam pot umum diletakkan di teras rumah  karena tidak begitu menyukai sinar matahari. Jika ditanam di tanah, semak bisa cukup tinggi seukuran tinggi pria dewasa, namun kecantikannya lebih terlihat lagi jika ditanam di dalam pot.

Saya perhatikan kebanyakan bunganya muncul tunggal dalam tangkainya yang kecil, namun karena ukuran mahkota bunganya yang besar, kadang terlihat bergerombol cukup padat di sebuah rantingnya. Saya membayangkan betapa akan terlihat indah dan sumringahnya sebuah halaman rumah di sebuah kota dingin yang ditanami semak  semak rhododendron ini.

 

 

 

Bunga ada yang selapis, namun ada juga yang berlapis ganda. Sama cantiknya. Tentu saja yang berbunga selapis lebih menonjolkan kecantikan dan motifnya sebagai individu, sedangkan yang berlapis ganda lebih menonjolkan sisi kehalusan dan kekompakan warnanya. Beberapa variant dari Azalea ini memiliki  mahkota bunga yang bermotif bintik menawan.

 

 

 

Azalea memiliki variant yang berbunga  pink berbagai jenis (mulai dari pink pucat, pink penuh hingga pink pekat), putih, merah dan jingga.

Leave a Reply

