Bunga Jempiring, Putih Wangi Nan Anggun…

Standard

Salah satu bunga cantik yang menjadi favorite saya  semenjak masa kanak-kanak adalah Bunga Jempiring, Alias Kaca Piring alias Pecah Piring  (Gardenia, Gardenia jasminoides). Nenek saya menanamnya di pojok merajan, sedangkan ayah saya menanamnya di taman pekarangan di tepi kolam.  Saya memetiknya setiap hari dan menjadikannya rangkaian bunga indah yang anggun dan wangi  guna menghias meja guru saya di sekolah dasar.

Ada dua hal yang paling menarik dari Bunga Jempiring ini. Pertama adalah wanginya. Kedua adalah warnanya.  Bunga Jempiring memiliki ‘note’ wangi yang sangat anggun, lembut dan mewah diantara bunga bunga. Wanginya juga memiliki kedalaman rasa yang mengingatkan pada alam mimpi. Sangat flowery. Saking kuatnya wangi yang dimiliki bunga ini, bahkan hingga layupun jempiring masih tetap wangi. Sangat ideal untuk dijadikan bahan potpourri.  Sementara  warna putihnya juga sangat  anggun dan mewah seolah tak bernoda. Terlihat sangat kontras dan bersih diatas daunnya yang berwarna hijau gelap. Jadi kedua hal ini, wangi dan warna telah membangun kesan sangat anggun  bagi keseluruhan image bunga ini.

Untuk menyebarkan tanaman ini, umumnya dilakukan dengan cangkok. Stek batang biasa terkadang gagal. Namun begitu batang mulai menumbuhkan tunas baru, sepanjang ia tertancap kuat ditanah (tanpa goyangan yang berarti), umumnya tanaman ini akan tumbuh terus menyemak dengan ketinggian kurang lebih1.5 meter.  Saat ini saya memiliki 3 rumpun semak jempiring yang rajin berbunga dan menebarkan keharumannya di halaman.

11 responses »

  1. Pingback: Balinese Potpourri Bikinan Sendiri.. Aktifitas Akhir Pekan « nimadesriandani

    • Pak Jaka, sampai saat ini saya belum pernah menemukan parfum bunga jempiring. Itu mungkin karena saya juga belum terekpose banyak dengan pedagang wewangian yang murni merupakan ekstrak dari bunga ini. Baiklah Pak. Siapa tahu suatu saat jika saya bertemu parfum seperti itu, saya akan kontak Pak Jaka. Terimakasih banyak atas kunjungannya ke blog saya.

  2. Sbelumnya sya tdak pernh tau bunga gardenia smpai suatu saat ada seseorang y ksih nma gardenia unt q,,,,
    trima kasih ni made sri andani ats info, dn fto2 bnga gardenia yang sngat indah,,,,,!!!!!

Leave a Reply

