Bunga Kenyeri, Si Cantik Yang Romantis

Standard

Bunga Kenyeri atau Bunga Kenyiri (Oleander; Nerium oleander) , atau di Indonesia umum juga dikenal sebagai Bunga Mentega adalah salah satu tanaman hias dari generasi lama yang umum menghias pekarangan pekarangan rumah di kota-kota di Indonesia. Mungkin banyak diantara kita yang ingat, tanaman ini dulunya ditanam menyender di pagar halaman depan rumah orangtua kita. Tidak heran, karena tanaman bergetah ini memiliki postur yang tinggi langsing dengan cabang cabang berbunga banyak, sehingga menyuguhkan pemandangan romantis, berkisar antara putih, pink dan magenta yang indah dipandang mata setiap orang yang berlalu lalang didepan rumah.

Terkenang akan tanaman masa lalu ini, maka sayapun menanam beberapa batang pohon Kenyeri dari variant Pink dan Magenta ini didepan rumah saya. Dalam waktu singkat, tanaman ini tumbuh subur dan menambah cabangnya dengan cepat dan sangat rajin berbunga. Karena pohonnya yang tinggi (kurang lebih sekitar 2-3 meter) dan bercabang banyak, sekaligus juga saya manfaatkan untuk menghalangi pemandangan langsung ke dalam rumah. Lumayan sukses. Perawatannya pun sangat mudah. Tanaman sangat kuat dan tahan kekeringan dan tanpa pemupukan yang teratur. Saya hanya perlu memastikan untuk membersihkan daun-daun tuanya yang berjatuhan setiap hari.

Saya sangat menyukai kombinasi warna pink yang bergerombol diatas warna hijau daun yang agak gelap dan lancip yang dimata saya terlihat sangat romantis. Mirip ‘flower bouquet’ pengantin wanita. Bunga meninggalkan wangi yang lemah namun menguat saat dikeringkan. Wanginya sangat lembut dan teduh. Bunga juga terlihat cantik jika dijadikan bunga potong untuk rangkaian yang tebal, dikombinasikan dengan bunga bunga lain dan dedaunan.

Sayangnya, getah dari bunga yang cantik ini diinformasikan beracun. Jadi dalam menanganinya saya harus extra hati-hati. Jangan sampai getahnya mengenai luka yang terbuka ataupun mata saya.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s