Kembang Telang, Si Bunga Kupu-Kupu Biru.

Standard

Salah satu tanaman merambat yang cukup menarik untuk ditanam di halaman belakang adalah tanaman Kembang Telang yang umumnya memiliki warna biru cemerlang.  Kembang  Telang atau Bungan Teleng (bhs Bali) atau yang umum juga dikenal dengan nama  Butterfly pea (Clitoria ternatea), memiliki bentuk bunga yang sangat menarik mirip Kupu-kupu yang sedang mengembangkan sayapnya. Walaupun warna yang paling umum kita temukan di Indonesia adalah yang berwarna biru terang, namun sebenarnya tanaman ini juga memiliki variant yang berwarna lain, seperti putih, ungu dan pink. Kebanyakan kembang telang memiliki helai bunga selapis, namun ada juga yang berlapis (ruffle). Ukurannya bunganyapun ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Tanaman ini juga digunakan secara traditional untuk mengobati sakit mata ataupun untuk mempercerah penglihatan, dan mungkin karena kegunaannya itulah maka tanaman ini disebut dengan bunga telang atau teleng yang artinya ‘ jelas  ‘ (dalam konteks penglihatan).  Di Bali, bunga telang ini juga banyak dimanfaatkan untuk menghias canang yang dipergunakan dalam melakukan persembahyangan.

Menanam tanaman ini cukup mudah, yakni dengan memanfaatkan bijnya yang sudah tua dan kering mirip kacang kedelai hitam.  Secara umum, tanaman menyukai sinar matahari penuh namun masih cukup torent jika kita tanam merambat di pohon pohon penaung. Sangat cocok untuk dirambatkan di pagar halaman belakang. Untuk memastikan agar tanaman ini subur dan berbunga banyak, kita perlu beberapa kali melakukan pemotongan  tangkainya untuk merangsang pertumbuhan tangkai sulur yang baru yang penuh bunga.

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s