Mengagumi Keindahan Bunga Sala Yang Sakral.

Standard

Ketika melangkahkan kaki keluar dari lobby ke halaman parkir Hotel Bali Beach di pantai Sanur  di Bali, saya dikejutkan oleh pemandangan yang sangat memukai hati saya. Sebuah pohon  yang berbatang besar dan tinggi menyajikan pemandangan yang luarbiasa dengan tajuk-tajuk yang menjulur penuh bunga terutama pada bagian bawah batangnya. Jingga besar-besar sumringah di bawah cahaya  matahari pagi. Sayapun segera mendekat, untuk memperhatikan dan  mengagumi keindahan kelopaknya yang besar dan kokoh. Sari bunganya sepintas lalau mirip seekor naga atau lidah sapi tertekuk yang memiliki banyak tentakel untuk mengundang serangga datang. Seekor lebah madu saya lihat beterbangan mengelilingi bunga bunga yang sedang mekar. Wangi!.

Bunga Sala muncul dari ranting-ranting yang anehnya tumbuh di pangkal pohon hingga ke pinggang pohon. Sungguh beruntung. Karena dengan demikian saya bisa mengamatinya dari jarak dekat.

Pada mulanya saya heran dan tak mampu mengenali tanaman itu. Rasanya saya pernah melihat tanaman ini entah dimana, namun saya tak mampu mengingatnya sama sekali, selain kelopak bunga dan benang sarinya yang berguguran di atas rerumputan. Saya yakin saya pernah melihatnya sebelumnya. Kemudian seorang gardener yang kebetulan sedang merapikan taman di sana menjelaskan kepada saya bahwa itu adalah pokok pohon Sala atau yang sering juga disebut oleh para tamu hotel sebagai Canon Ball  Tree (Couroupita  guianensis) Tentu nama ini diberikan karena buah tanaman ini memang sangat mirip bentuknya dengan bola peluru meriam. Di dalam buahnya terdapat biji kecil-kecil dan cairan mirip tinta yang sangat lengket dan tahan lama. Pohon Sala rupanya salah satu tanaman yang sering ditanam di tempat-tempat suci. Menurut beberapa sumber, diceritakan bahwa Sang Buddha Gautama  wafat di bawah pohon Sala.

2 responses »

Leave a Reply

