Cuci Mata. Design & Motif Perhiasan Perak Dari Bangli.

Standard

Ketika membawa anak-anak liburan di Bali, saya memanfaatkan kesempatan untuk mengunjungi keluarga saya di Bangli. Bangli adalah sebuah kota kecil di pulau Bali, yang memiliki sebuah banjar yang penduduknya terdiri dari para Pande (pembuat perhaisan emas, perak, peralatan logam, keris dsb), sehingga disebut Banjar Pande. Kebetulan ibu saya berasal dari keluarga Pande, sehingga banyak diantara kerabat saya menjalankan usaha perhiasan ini. Ada yang skala kecil, ada juga yang lebih besar. Ada yang menjadi pembuat, ada juga yang menjadi pedagangnya. Beberapa diantaranya juga menjual perhiasan di tokonya.

Saya yang kebetulan penggemar perhiasan perak,  tinggal di Jakarta menyebabkan saya hanya bisa melihat perhiaan-perhiasan buatan mesin. Tentu saja sangat menyenangkan untuk melihat-lihat motif perhiasan perak traditional buatan tangan yang sangat berbeda. Umumnya perhiasan perak buatan tangan memiliki motif yang lebih banyak dan penggemar perhiasan menghargakannya lebih tinggi karena nilai ‘hand-made’nya. Selain digunakan oleh penduduk lokal, perhiasan traditional ini juga menjadi incaran para turis penggemar perak.

Perhiasan perak yang saat ini paling laku di pasaran adalah perhiasan set yang terdiri atas giwang, cincin, bross  dengan mata yang berukuran besar.

Bila kita perhatikan, rata-rata bross yang popular saat ini  menggunakan motif mandala bertingkat yang mirip gundukan bukit. Di bawah ini adalah beberapa design yang sedang laku di pasaran.

1.       Motif Bunga Berkelopak Delapan

Permata yang menjadi pusat bross dikelilingi oleh 8 mahkota, dimana tiap lembar mahkota bunga inipun memiliki motif flora dedaunan dan bunga lagi di dalamnya. Di dalam kelopak bunga, dikelililingi oleh 3 lapis tali dan bintik sari terbuat dari perak.  Permata yang digunakan sangat beragam mulai dari permata kelas tinggi hingga crystal buatan dengan corak warna yang sangat beragam pula.

2.       Motif Tameng Bali

Tameng adalah salah satu perlengkapan senjata yang digunakan para prajurit Bali jaman dulu untuk melindungi dirinya. Saat ini, tameng hanya digunakan dalam upacara tarian prajurit perang bersama dengan tombak (misalnya pada tari Baris Tumbak/Jojor). Motif tameng ternyata sangat menarik untuk diaplikasikan pada perhiasan wanita.

3.       Motif Bokor

Melihat perhiasan ini, mengingatkan kita pada Bokor perak yang banyak digunakan sebagai tempat sajian diatas kepala wanita Bali saat upacara. Bokor adalah tempat untuk meletakkan sajian untuk upacara. Motif ini juga sangat disukai karena terlihat lebih feminine.

4.       Motif  Bulatan Gelung Paku

Motif ini memberi kesan tegas dan smart. Terlihat lebih simple dengan hanya melibatkan motif bulat kecil, tali temali dan gelung pakis.  Disukai oleh para wanita yang aktif, banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan serta menjadi pengambil keputusan.

5.       Motif Candi

Walaupun tidak sama persis, namun motif dan designnya yang bertingkat,  mengingatkan kita akan candi Borobudur.

6.       Motif  Floral Lancip.

Hampir sama dengn motif flora yang bulat, bross ini menggunakan motif flora (bunga dan dedaunan) yang terlihat lebih feminine dan anggun.

Sebenarnya masih banyak lagi design perhaisan  perak yang lain yang dihasilkan oleh para pengrajin di Bangli yang sangat menarik hati. Mungkin ada baiknya teman-teman mampir ke Bangli jika sedang liburan di Bali, apalagi mengingat jaraknya yang sangat dekat, kurang dari sejam perjalanan dari Denpasar.

5 responses »

  1. terima kasih infonya gan … desain dari bali apalagi yang handmade memang unik banget sampe terkenal juga keluar negeri .. beruntung agan punya ibu salah seorang pande bali gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s