Bunga Medori, Elok Bagai Rembulan..

Standard

Menyempatkan diri  berjalan-jalan  di tepi pantai maupun di tempat kering lainnya di Indonesia,  maka sering kita temukan  sosok tanaman perdu liar setinggi  1.5 hingga 2 meter yang  berdaun oval tebal seperti  berlapis lilin menari-nari di tiup angin. Bunganya yang sangat indahpun mekar hampir sepanjang tahun.  Berwarna biru atau putih dengan bentuk sari yang sangat unik. Mirip gedung bangunan bertiang empat. Itulah Bunga Medori atau yang  sering disebut juga dengan nama Bunga Benuri, Widuri, Biduri ataupun  Baiduri (Calotropis gigantea).

Saking menariknya bunga ini,  terkadang  namanya pun digunakan untuk menamai anak perempuan. Dan di tahun 70-an kita diperkenalkan oleh Bob Tutupoli pada sebuah lagu yang berjudul Widuri, yang merujuk pada nama seorang gadis,   yakni Widuri yang elok bagai rembulan.

Di Bali, bunga Medori memiliki makna dan manfaat yang jauh lebih banyak diibandingkan dengan tempat lain, mengingat bahwa bunga  Medori ini merupakan salah satu bunga yang  banyak dimanfaatkan untuk sarana upacara keagamaan. Digunakan dalam canang maupun dalam persembahyangan tangan biasa. Nama bunga inipun setidaknya disebut-sebut dalam Kidung Sekar Gadung yang saat kecil sering saya dengar dinyanyikan dalam Sang Hyang Dedari yang bernilai sakral.

‘’Sekar gadung ya sekar gadung/ Sibuh mas, medori putih/

Teleng petak, tunjung biru/ Ketisin Juru Kidunge”

Ada yang menarik lagi mengenai fakta bunga Medori ini, karena walaupun getahnya beracun (bahkan ternakpun tidak mau memakan daun tanaman ini),  namun di berberapa tempat rupanya juga dimanfaatkan  untuk pengobatan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kulit, cacingan  hingga asma.

Gambar Bunga Medori ini saya ambil ketika saya berkesempatan berjalan menyusuri tepi pantai di Sanur, Bali beberapa saat yang lalu. Saya melihatnya sangat anggun gemulai diterpa angin pantai sore hari.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s