Cuci Mata – Gerabah Tuntang Yang Natural.

Standard

Tadi siang, saya sempat ikut melepas rombongan rekan-rekan saya bersama keluarganya  yang mau mudik. Pulang kampung ke Jawa Tengah dalam rangka Hari Raya Idhul Fitri. Ada 2 rombongan bus yang berangkat. Bus yang pertama melewati jalur Pantura dan berakhir di Solo. Dan yang satunya lagi menyusur jalur selatan, lewat Kebumen lalu berakhir di Solo juga. Saya membayangkan sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan sambil melihat-lihat pemandangan di kiri kanan jalan. Sudah lama saya tidak naik bis antar kota.

Mendengar nama Jawa Tengah, ingatan saya lalu melayang pada gerabah-gerabah natural  yang banyak diproduksi di daerah Jawa Tengah. Sungguh beruntung, karena tuntutan pekerjaan saya sebagai seorang pemasar, membuat saya cukup sering mendapat kesempatan bepergian ke kota-kota di Indonesia termasuk ke daerah Jawa Tengah. Dan Jawa Tengah adalah salah satu favorit saya.

Suatu ketika dalam perjalanan dari Solo ke Semarang, saya melintas di daerah Tuntang yang memiliki banyak sekali gerai-gerai gerabah natural yang berjejer sepanjang perjalanan. Atas persetujuan teman perjalanan saya, maka berhentilah saya sejenak untuk melihat-lihat dari dekat keindahan alami gerabah-gerabah itu yang kebanyakannya berupa peralatan dapur ataupun di meja makan. Ada anglo, wajan tanah liat, kendi, ceret air, pembakaran sate, dsb. Semuanya menarik hati saya. Sangat alami dan tidak banyak dekorasi. Sederhana dan sangat dekat dengan alam. Saya sangat menyukai kesederhanaannya.

12 responses »

    • Terimakasih sudah mampir ke blog saya , Mas Wisnu. Tadi saya juga sempat melihat blognya Mas Wisnu dan sempat membaca beberapa postingannya yang sangat menarik. Terutama saya suka dengan postingan Mas Wisnu tentang “Orang Jawa’ yang sudah tak mampu mengerti Bahasa Jawa ha ha ha… . Sangat menarik.

  1. saya sangat tertarik dengan kerajinan asli Indonesia, terutama yg dari Jawa dan Bali. Dan saya jg pernah 2 X mampir belanja di Tuntang, murah2 banget.

  2. Pingback: Perjalanan Panjang Memutus Dahaga « Gitahastarika’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s