Mom’s Garden : Blooming This Week..

Standard

Hypeastrum merah yang di tukang-tukang kembang di Indonesia malah lebih dikenal dengan nama Bakung Merah atau Bakung Amarillis atau terkadang Amarillis belladona (walaupun sebenarnya nama Amaryllis mengacu pada jenis bakung tropis yang berbeda) sedang dalam puncak-puncaknya bermekaran pada bulan Oktober – Desember ini. Kemanapun kita pergi ke kota-kota dingin seperti, Bogor,Puncak, Cipanas, Sukabumi, Malang, Bedugul, Kintamani dsb – bunga dari tanaman berumbi lapis ini sangat mudah kita temui di taman-taman halaman rumah penduduk atau bahkan di sepanjang jalan.

Saya sangat menyukai jenis bakung ini,karena bunganya yang sangat besar, umumnya hanya ada 4 buah dalam satu tangkai menunjuk ke penjuru arah yang berbeda. Warna merahnya juga sangat pekat dan berani. Sayangnya memang tidak semua tempat memiliki kondisi cuaca dan temperatur yang memungkinkan tanaman ini berbunga dengan baik. Temperatur harus cukup dingin, namun paparan sinar mataharipun harus cukup. Overdosis dalam pemupukan ternyata juga tidak baik terhadap keberhasilan tanaman ini mengeluarkan bunganyanya dengan baik. Saya pernah mengobservasi tanaman ini dalam kondisi yang terlalu subur dan memiliki helai lapisan umbi yang sangat tebal, malah cenderung menggencet calon bunga yang muncul dari batangnya (dasar helai lapis) di bawah tanah. Akibatnya tanamanpun jarang berbunga. Namun jika semua kondisi lain terjaga dengan baik, bakung ini sebenarnya relatif mudah dipelihara tanpa perawatan yang berarti.

Lihatlah apa yang mekar minggu ini di halaman…

5 responses »

  1. Oh ini namanya bakung ya Mbak. Duh o’onnya ternyata saya sering bertemu. Saya dulu pernah baca puisi Gibran yang bercerita tentang bakung putih, saking romantisnya bertanya-tanya dalam hati, bakung itu bunga seperti apa. Herannya sampai ketemu tulisan ini saya gak kepikiran cari di google hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s