Dari Studium General – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Standard
Dari Studium General – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Pada hari Jumat 11 November 2011, bertempat di Ruang Sidang Pasca Sarjana Universitas Udayana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan acara Studium General  Dalam Rangka Dies Natalis FHK, BKKH Dan Temu Alumni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Dalam acara yang mengambil waktu sejak pukul 8.30 pagi hingga 15.10 sore hari ini dipaparkan dan disiskusikan sejumlah  study dan informasi yang berkaitan dengan dunia Veteriner.

Setelah hadirin disambut dengan tarian traditional Sekar Jagat dan sambutan ketua panitia serta Dekan FKH Universitas Udayana (Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS),  acara Studium General dibuka oleh Rektor UNUD.  Beberapa topic menarik yang dibawakan hari itu antara lain:

1. Perkembangan Dunia Veteriner Dalam Upaya Mempercepat Swasembada Daging Sapi di Indonesia oleh Dr. Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso,MM (Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan RI). Dengan moderator Prof. Dr.drh K Puja, MKes. Topik ini menarik terutama karena membahas  mengenai reformasi dan transformasi  pembangunan peternakan dengan menerapkan struktur dan system yang baik dan benar, termasuk  pembenahan System Kesehatan Hewan Nasional.  Pembicara juga membahas mengenai masalah –masalah utama yang dihadapi di subsektor peternakan dan kesehatan hewan di Indonesia, serta langkah-langkah strategis yang dilakukan dalam upaya mempercepat swasembada daging sapi.

2. Kompetensi Dokter Hewan di Era Globalisasi oleh Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa,MS  (Dekan FKH Universitas Udayana) dengan moderator Dr. drh N, Kerta Besung,MSi. Pembicaraan berkisar seputar trend globalisasi, kemampuan dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi masalah kesehatan hewan di era globalisasi, international acceptance, peranan FKH dalam mencetak dokter hewan yang kompeten untuk menghadappersaingan global, kurikulum, standard kompetensi serta mutu perguruan tinggi.

3.  Peran Dokter Hewan Dalam Mendukung Pengembangan  Peternakan di Sulawesi Selatan  oleh drh IB. Putu Artana, MM, juga  dengan moderator Dr. drh N, Kerta Besung,MSi. Topik yang sangat menarik minat audience dimana pembicara melakukan ‘share’ tentang program-program  pembangunan peternakan di propinsi tersebut dengan sangat menarik, situasi penyakit-penyakit hewan yang umum ditemui (Avian Influenza, Anthraks, Rabies, SE, New Castle Disease, Hog Cholera) serta peluang kerja dokter hewan yang tinggi di kawasan tersebut.

4. Masa Depan Dunia Klinik Veteriner Antara Mimpi Dan Kenyataan oleh drh Amir Mahmud dengan moderator Dr.drh Nengah Wandia, MSI. Pembicara yang merupakan seorang praktisi yang sangat aktif, memaparkan dengan sangat menarik mengenai masa depan Klinik Hewan dan trend dunia veteriner yang mengacu pada  Animal welfare ( Bedah minimal invasif, perangkat lunak & hewan sintetis sebagai model dalam dunia pendidikan), Kosmetika & Estetika (Penyakit kulit & grooming, kedokteran gigi veteriner) dan Nutrisi.

5. Peranan Dan Tantangan Dokter Hewan  Pada Kemajuan Industri Perunggasan  di Indonesia oleh drh Wayan Wiryawan, juga dengan moderator Dr.drh Nengah Wandia, MSI. Pembicara dalam hal ini mengulas tentang potensi industri perunggasan di Indonesia, populasi ternak unggas di Indonesia, produksi broiler dan populasi breeder dan berbagai informasi lainnya di dunia perunggasan, hingga pembicaraan mengenai peranan dokter hewan dalam industri perunggasan, qualifikasi dokter hewan yang dibutuhkan serta tantangannya dalam memajukan industri perunggasan.

Saya hadir dalam acara tersebut. Dan karena kebetulan acara Studium General ini dilakukan bersamaan dengan acara temu alumni FKH Universitas Udayana, maka sayapun mengambil beberapa foto-foto bersama teman-teman alumni FKH saat istirahat di sela-sela acara studium.

8 responses »

    • Thanks sudah meluangkan waktu untuk membaca tuisan saya, Bli. Boleh. Silakan saja dikutip – kan saya juga hanya menuliskan apa yang telah digagas teman-teman panitya dan juga materi yang dipresentasikan para kolega..

  1. Seru nih Mbak reuni dan ketemu teman-teman lama. Kalau aku dari ketemu teman-teman lama ini baru nyadar ternyata kami telah banyak berubah baik secara fisik maupun emosi. Padahal kalau biasanya sih serasa gak ada yg berubah, rasanya masih muda saha hehehe…

    • Ya.. sama, Mbak Evi. Saya juga nggak ngerasa menua, tapi setelah teman-teman kaget melihat ‘pertumbuhan’ fisik saya yang pesat,barulah sadar bahwa waktu ternayta telah bergerak sedemikian cepatnya. Tapi tetap semangat dan berjiwa muda kok Mbak.. he he

  2. Trimks tlah meluangkan waktu dan pemikiran untk FKH unud. Masukan saran dan kritik yg memberikan langkah maju buat FKH sangat kami butuhkan. Begitulah keadaan rumah kita saat ini tanpa dilebihkan tanpa dikurangkan. Langkah unk kemajuan masih panjang. Smoga semua alumni dapat memberikan peran unk leluhur- tanah kelahiran kita ….trimks …bravo …salam VEtro…sukses selalu..

    • Wah..saya yang berterimakasih banyak atas kesempatan, acara dan kerja keras para kolega serta adik-adik mahasiswa dan seluruh civitas akademika FKH Unud sehingga dapat kesempatan untuk pulang kandang dan bertemu kembali. Viva Veteriner!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s