Kisah Pohon Buah Naga Yang Terkejut…

Standard
Kisah Pohon Buah Naga Yang Terkejut…

Sebuah pohon buah naga (Pitaya atau Hylocerus sp) ditanam adik saya yang ke-lima di halaman rumah beberapa tahun yang lalu. Pohon itu tumbuh bersandar di batang pohon rambutan. Sangat subur namun belum pernah berbuah. Tentu saja seluruh penghuni rumah penasaran menunggu bunganya muncul. Namun baik bunga apalagi buahnya tiada kunjung datang. Ketika adik saya yang ketiga bermaksud merapikan halaman, pohon rambutan tempat pohon naga itu ditebang. Karena merasa sayang, maka pohon buah naga itupun dibongkar dan dipindahkan ke dekat pohon rambutan lain di halaman rumah. Tanpa diduga pohon itu tiba-tiba berbunga. 8 buah sekaligus!!!.

Tentu saja semua keluarga sangat senang dan antusias menunggu perkembangan bunga buah naga itu. Saking antusiasnya, bahkan malam-malam sepulang dari Jakarta sayapun digeret adik saya ke halaman untuk melihat bunga buah naga itu.

“Jadi.. agar mau berbunga, tanaman itu rupanya harus dibuat ‘shock’ dulu” Kata adik saya mengambil kesimpulan. Karena sudah lama tumbuh di bawah pohon rambutan pertama, rupanya pohon buah naga itu sudah merasa sangat nyaman. Sibuk memperbesar batang dan menambahkan akar udaranya. Terlalu subur, namun ia lupa berbunga.

Ketika dipindahkan ke pohon rambutan yang lain, sebagian dari akar tunggangnya terpotong, dahannya pun ada yang patah. Ia harus bekerja keras untuk mencari makan dan menempelkan akar rambatnya di batang pohon yang baru agar tidak melorot. Sekarang hidup berbeda dan tidak mudah bagi si pohon buah naga. Apa boleh buat! Terpaksa.  Namun, walhasil setelah beberapa saat iapun sukses membuat hidupnya ‘settle’ dipohon rambutan yang baru. Beberapa akar rambatnya telah menempel erat memeluk batang pohon yang baru. Akar-akar untuk mencari makanan dan air di udarapun berkembang pesat. Dan…. tanpa diduga bungapun muncul sebagai akibat dari hasil kerja kerasnya.

Saya memikirkan kalimat adik saya itu. Barangkali pernyataan itupun berlaku juga bagi kita. Bukan hanya untuk si pohon buah naga.

Apabila kita terlalu lama berada di ‘comfort zone’, maka kita cenderung menjadi kurang produktif!.  Terlalu nyaman dan dimanja keadaan. Semuanya serba enak. Serba mudah. Apa-apa ada. Apa-apa tersedia. Tekanan tidak ada. Kompetisi lemah. Malas dan cenderung kurang berusaha.

Sebaliknya jika kita berada di kondisi yang  ‘kurang nyaman’.  Pilihannya cuma dua. Hidup atau mati. Agar bisa mengatasi ketidaknyamanan dan minimal bertahan hidup, maka kitapun terpaksa berusaha keras. Memanfaatkan segala daya upaya, pemikiran, seluruh otot kita, dan segala hal yang kita miliki lainnya. Hasilnya, bukan hanya kita sekedar berhasil menghadapi hidup, namun mungkin saja  kita berhasil memenangkan pertarungan hidup dengan  sangat gilang-gemilang. Itulah yang kita sebut dengan Suksess!!.

Jadi pesan moral si pohon buah naga kali ini adalah:

1. “Kesulitan hidup itu bukan faktor penghambat kesuksesan, namun justru faktor pemicu kesuksesan”. Jadi, bangkitlah dari kesulitan. Ayo hadapi!!. Dan buat diri kita sukses!!.

2. Berhati-hatilah  jika kita sedang berada di zona nyaman pada saat ini. Mungkin perlu evaluasi diri kembali. Tak selamanya berada di ‘comfort zone’itu menguntungkan.Jika berada di comfort zone dan tetap produktif dan competitif mungkin tidak masalah. Namun jika kita ternyata menjadi kurang kreatif dan kurang produktif, mungkin sudah waktunya kita meninggalkan ‘zone nyaman’ itu agar  bisa terpicu untuk lebih sukses lagi.

8 responses »

  1. Wahhhh sangat menginspirasi mbk…

    Sy sepakat, ketika tdk ada pilihan lain sehingga pilihannya hanyaa “do it or die” maka kita menjadi terpaksa utk mengeluarkan sgenap kekuatan utk mampu bertahan yg scr tdk lgs membuat kt melakukan hal-hal yg dlm kondisi tdk terdesak mungkin tdk terpikirkan.
    Tapi memang butuh keberanian yg luar biasa utk tdk sll berada di zona nyaman🙂

    • Thanks, Gung. Ya, bener banget. Sering banget kita lihat fakta tentang sebuah keberhasilan diawali oleh situasi yang ‘kepepet’..

      Tapi memang benar sih, bukanlah perkara yang mudah untuk berada di non comfort zone. Butuh keberanian dan ketabahan hati yang luarbiasa.Dan tak semua orang memiliki nyali seperti itu..

  2. Ceritanya menarik. Tiang setuju banget yang disebut success itu adalah kemampuan diri dalam melewati halangan n dan tantangan dalam mewujudkan sesuatu

    • Thanks, Nick. Ya, sangat penting bagi kita untuk selalu berusaha sekuatnya untuk menghadapi tantangan hidup kita sehari-hari. jangan sampai terlena hanya karena merasa diri sudah lumayan ok. Diluar sana perubahan terus terjadi, yang menuntut kita juga untuk selalu responsif terhadap tantangan baru setiap hari..

  3. Zona nyaman dan si buah naga. Very creative! Hebat mbak, dirimu bisa menghubungkan dua situasi dalam satu rangkaian cerita pembangkit semangat🙂

  4. Pingback: Pohon Buah Naga Dan Pelajaran Kedua. « nimadesriandani

  5. Beruntung sekali mbak!
    Saya mau bertanya mngkn ada yg bisa membantu, pohon naga rajin sekali berbunga tapi tidak pernah menjadi buah, saya jd bingung, bnyk org menyarankan dikawinkan bunganya tp sy tdk mengerti bgm cara mengawinkannya.

    Kalau ada yg bs membantu, terima kasih banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s