Anggrek-Anggrek Cantik Dan Elegant Dari Bangli.

Standard
Anggrek-Anggrek Cantik Dan Elegant Dari Bangli.

Banyak orang yang tahu bahwa Bangli adalah sebuah kota sejuk dan tidak bising di tengah-tengah pulau Bali, oleh karenanya sangat cocok untuk dijadikan tempat persitirahatan. Oleh karenanya juga, sebuah rumah sakit jiwa yang besar untuk wilayah Indonesia Timur ditempatkan di kabupaten itu. Tenang dan sejuk. Memudahkan bagi setiap orang untuk mendapatkan kedamaian jiwa.

Karena udaranya yang sejuk, maka berjenis-jenis tanaman hiaspun mudah tumbuh subur. Termasuk berjenis-jenis anggrek. Kali ini saya ingin memperlihatkan beberapa jenis anggrek yang tumbuh subur dibawah perawatan tangan kakak perempuan saya yang tinggal di Bangli dan kebetulan sedang mekar pada saat saya pulang.

Ayah saya adalah seorang penggemar anggrek. Saat kami kecil, halaman rumah kami penuh dengan bunga anggrek yang bermekaran. Namun ketika ayah saya tak mampu lagi merawat tanaman di halaman, anggrek-anggreknya pun mulai meranggas dan banyak yang mati. Situasi inilah yang kemudian memicu kakak saya untuk menyelamatkan sisa sisa anggrek peninggalan ayah saya yang pada saat itu tinggal sedikit.

Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang dokter gigi, kakak saya menyempatkan diri merawat anggrek-anggrek ini dengan baik setiap hari. Ia menanam, menambahkan bahan penyangga, melakukan pemupukan, penyiraman serta pembersihan dari daun-daun yang layu  dan sebagainya.  Ia juga menambahkan lagi  jenis-jenis  anggrek baru ke dalam koleksinya. Hingga ketika saya pulang, saya melihat anggrek-anggrek cantik ini sebagian bermekaran, saya jadi merasa sangat terpesona dibuatnya.

Inilah sebagian dari bunga-bunga anggrek cantik dari Bangli. Berbagai jenis, mulai dari Dendrobium hingga Phalaenopsis. Mulai dari warna putih, kuning, peach, orange, ungu hingga merah gelap kehitaman. Walaupun tentu saja koleksinya tidak sebanyak koleksi taman anggrek, namun untuk ukuran halaman rumah, jumlah anggrek yang mekar hari itu menurut saya sungguh cukup banyak.

Ayo berkunjung ke Bangli!.

8 responses »

  1. Wow cantiknya koleksi anggrek keluarga Jeng Dani di Bangli. Pada kondisi minimalpun hanya dengan siraman si anggrek tahu diri dengan tetap berbunga meski tak terlalu cantik. Apalagi dengan sentuhan tangan sang dokter gigi yang pastinya trampil dan penuh asih, tak heran anggrek bermekaran indah. Salam anggrek.

  2. Sangat cantik sekali itu koleksi anggrek Bangli. Memang pulau Dewata sangat kaya akan varietas anggrek. Apakah merawat anggreknya juga sering disiram dengan air leri beras warna putih? Selain pupuk tentunya anggrek itu perlu diajak bicara dengan bahasa bhatin kita. Salam…

  3. wow … anggreknya cantik cantik … jd inget pernah ikut tour di Bali dan berhenti di satu toko kerajinan perak di depan halaman tokonya ada banyak anggrek bergantungan dgn bunga aneka warna🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s