Elderflower, Si Kembang Girang – Herba Yang Menawan.

Standard
Elderflower, Si Kembang Girang – Herba Yang Menawan.

Elderflower! Saya membaca kata itu di sebuah ulasan permen bebas gula. Kemudian saya membaca lagi kata itu di sebuah obat batuk dan beberapa obat herbal lain. Lalu membaca lagi pada ulasan tentang minuman tonic. Ada lagi kata yang serupa yakni Elderberry! Disebutkan bahwa Elderflower maupun Elderberry (Buah Elder flower yang ungu kehitaman kecil-kecil berkelompok) memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Namanya terdengar keren di telinga saya. Khasiatnya pun banyak. Tentu herba yang sangat terkenal di manca negara.  Sayapun penasaran pengen melihat bentuknya. Bunga apa gerangan yang disebut dengan Elderflower itu.

Astaga! Ternyata yang disebut dengan  Elderflower itu adalah kembang  dari tanaman perdu berbunga putih yang sering saya temukan di pematang sawah maupun di pagar kandang sapi. Juga banyak di ladang, semak belukar hingga ke tepi jurang. Bunga perdu itu dikenal di kampung saya di Bali dengan nama Kembang Girang atau Girang-Girang atau Gegirangan. Sayang, tak banyak orang yang tahu bahwa bunga dan buah tanaman ini memiliki khasiat dalam pengobatan herbal. Walaupun setahu saya memang jaman dulu ada juga  orang-orang tua yang menggunakan buah dan bunga tanaman ini sebagai bahan  ‘loloh’ alias Jamu (bahasa Bali) untuk mengatasi flu, demam dan batuk.

Kembang Girang (Sambucus nigra) memiliki bunga yang sangat cantik. Putih kecil-kecil dan berkelompok seperti payung dalam satu tangkai. Jika semua bunga itu mekar maka bunga akan terlihat benar-benar seperti payung putih bersih dengan diameter lebih dari 20 cm. Jika kita lepas bunga itu satu persatu, maka siapapun akan setuju untuk mengatakan bahwa bunga Elderflower ini menggambarkan sisi feminine yang tinggi dari sekuntum bunga. Bunga putih kecil ini memiliki 5 helai mahkota bunga dengan tangkai sari yang juga 5 buah jumlahnya. Sewaktu kecil ketika bermain di pematang sawah, saya suka memetik bunga ini, melepas kuntumnya satu persatu dari tangkainya dan mengembangkannya diatas tempayan air hingga penuh. Memandang bunga ini mengambang di atas air, mengingatkan kita akan  hamparan renda putih romantis yang dibuat seorang gadis untuk kekasihnya. Sedemikian indahnya!

Buah dari pohon Girang, mengikuti bunganya yang berkelompok. Kecil-kecil hijau yang semakin tua semakin ungu kehitaman. Membentuk sebuah ronce yang sangat menarik juga untuk dipajang di vas.  Buah pohon Girang yang bergerombol inilah rupanya yang disebut sebagai Elderberry.

Pohon girang adalah tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga 2 meter. Daunnya berwarna hijau gelap dengan bentuk lancip. Tujuh helai dalam setiap tangkainya. Secara keseluruhan tanaman pagar ladang ini memang menarik sekali tampilannya. Apalagi kalau musim berbunga. Tanaman ini akan terlihat penuh dengan bunga putih berukuran besar. Rasanya bagus juga untuk di tanam di pagar rumah ataupun sebagai perdu hias di halaman gedung perkantoran. Mengapa belum ada yang memanfaatkannya untuk tujuan komersial ya? Misalnya dengan menjualnya di tukang tanaman?

About these ads

6 responses »

  1. Saya sering melihat bunga ini. Baru tahu kalau di Bali di sebut kembang girang, tapi tetap gak tahu apa sebutannya secara umum dalam bahasa Indonesia. Memang begitulah kita ya Mbak, dikelilingi oleh berbagai harta kekayaan tapi kita tak tahu. Saya mesti lebih intens lagi memperhatikan alam sekitar :)

    • Sayang saya juga tidak tahu apa bahasa Indonesianya tanaman perdu ini. Saya yakin pasti ada. Karena memang ada di mana-mana di sekeliling kita.Jangan-jangan naman Indonesianya juga Kembang Girang.. he he. Tanah air kita yang kaya.

  2. Inilah kepiawaian Jeng Ade, bunga girang pasti kegirangan di ekspose melalui foto cantik ulasan ciamik. kekayaan megabiodiversitas tiada tara. Selamat melanjutkan karya di awal minggu kerja baru Jeng, salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s