Bunga Waru Mawar, The Wild Pink Hibiscus..

Standard
Bunga Waru Mawar, The Wild Pink Hibiscus..

Sejenis bunga Kembang Sepatu liar yang jarang terlihat belakangan ini, saya temukan di dekat sebuah rumah di tengah ladang.  Awalnya saya tak terlalu memperhatikannya. Karena bunganya tertutup daun yang rimbun. Tapi karena saya sedang membidik seekor kupu-kupu cantik dengan kamera saya, maka sayapun terbawa oleh Kupu-kupu itu mendekati tanaman kembang sepatu liar itu.  Saya terkesima oleh kecantikan bunganya dan kaget karena baru pertama kali saya melihat bunga itu lagi setelah bertahun-tahun meninggalkan pulau Bali. Tanaman itu memang bukan tanaman umum yang tumbuh di halaman. Orang tdiak menanamnya di halaman, namun di ladang atau di kandang sapi. Kadang-kadang kita juga temukan di semak belukar atau di tepi jurang. Entah apa sebabnya. kenapa tidak ada yang tertarik membudidayakannya.

Kuntum bunga yang cantik berwarna pink elegant sedang mekar penuh. Berukuran cukup besar, sebesar telapak tangan. Sungguh menawan! Saya tidak tahu apa nama bahasa Indonesia tanaman ini, tapi saya tahu di kampung saya disebut dengan Bungan Waru Mawar.  Untuk jenis ini, setahu saya ada dua  warna. Ada yang putih dan ada yang pink. Barangkali ada juga warna lain yang belum pernah saya lihat.   Sedangkan untuk yang bunganya lebih kecil dan selapis, saya pernah melihatnya berwarna kuning, jingga, pink dan putih.

Bunga Waru Mawar, masih berkerabat dengan Kembang Sepatu (Hibiscus), namun jika menilik dari bentuk daunnya, tanaman ini tentu memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat lagi dengan pohon Waru yang berbunga kuning. Daunnya lebar, sedikit berbulu dengan 3 puncak daun. Kelihatannya sangat ‘yummy’ bagi ulat. Karena saya lihat beberapa daunnya rusak digerogoti ulat yang rakus.

Bunganya berwarna pink bersih. Lembut dan romantis dengan mahkota bunga yang bertumpuk-tumpuk dan warna pink yang menguat ditengahnya. Putik bunganya berwarna coklat gelap kehitaman, sementara benang sarinya berwarna kuning. Sebenarnya bunga ini sangat cantik jika ditanam di halaman.

9 responses »

  1. Sependapat mbak, bunga ini cantiiiiik banget…warna merah mudanya pas dan menyejukkan mata. Tuhan Maha Besar. Ciptaan-Nya selalu luar biasa.

    Salam kenal juga mbak, trima kasih buat pertemanannya ya!

  2. nggak tahu hubungan bunga ini dengan sepatu namun masuk akal kalau di bali tidak dibudidaya yang demikian santainya tumbuh di jurang di dekat kandang sapi hahaha yang tertangkap dari maksud penulisnya mungkin kaitan sepatu yang letaknya persis di kaki, mungkin saja, ya mungkin memang seperti itu nasib bunga ini hahahaha beginilah kalau seniman berkomentar dari nama kembangnya, bukan keindahannya…peh bisa gen kau kum

    • Ha ha ..Saya juga tidak tahu hubungannya apa dengan sepatu. Kok disebut dengan bunga sepatu yah?
      Terus kalau sepatu letaknya di kaki, itu erat kaitannya dengan ‘sesuatu’ di kandang sapi maksudnya? he he..

  3. Cantik sekali bunga pink-nya, perpaduan keanggunan sang rose, kesederhanaan hibiscus dan ketangguhan waru. Ada di sekeliling kita, dan jadi memukau dengan ulasan Jeng Ade, salam

      • Bu andani, saya tertarik dengan waru mawar ini..baru pertama kali saya melihat jenis waru seperti ini..kalau boleh, bisakah membantu saya mendapatkan bibitnya? Potongan batang nya juga boleh..bisa dibungkus plastik wrap’…saya tinggal di tangerang selatan…0821 1113 6618
        Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s