Pink Ruellia Yang Mekar Di Depan Dapur Pagi Ini…

Standard
Pink Ruellia Yang Mekar Di Depan Dapur Pagi Ini…

Sebatang tanaman Ruellia  yang tumbuh di sebuah pot tua  & terbengkalai di depan dapur, tiba-tiba berbunga & mekar pagi ini. Saya merasa agak surprise juga, karena sudah beberapa lama ini saya belum sempat merapikan halaman rumah  dan membersihkan pot-pot tua yang tanamannya mulai meranggas tak terurus. Bunga berwarna pink menawan yang sangat feminine membuat hati menjadi ikut berbunga melihatnya.

Tanaman Ruellia adalah tanaman semusim, yang tumbuh dan mekar selama beberapa bulan saja. Saya menanamnya sekitar dua setengah tahun yang lalu di halaman. Bunganya sangat banyak dan meriah saat itu. Namun tak lama kemudian, iapun tua, meranggas dan mati. Saya mencabutnya dan tidak menanamnya kembali. Namun biji-bijinya rupanya bertebaran di tanah yang subur. Dengan  bantuan hujan yang belakangan ini banyak mendera Jakarta, rupanya biji-biji Ruellia ini mulai tumbuh kembali setelah melewatimasa dorman-nya di dalam tanah, kemudian berkembang dan berbunga. Termasuk diantaranya yang tumbuh dan mekar di depan dapur pagi ini.

Peristiwa itu membuat saya membongkar kembali koleksi foto- foto lama saya seputaran bunga Ruellia ini.  Rupanya ada beberapa foto lama yang bisa saya up-load di sini.  Di tukang tanaman, kita bisa menemukan 2 jenis Ruellia, yakni yang tinggi dan yang kerdil (dwarf).  Yang tinggi sangat baik untuk ditanam di blok-blok taman halaman, sedangkan yang kerdil sangat baik jika kita manfaatkan sebagai tanaman border. Bisa juga ke dua jenis Ruellia ini dtanam kombinasi. Dengan ketinggian yang berbeda, juga sangat baik untuk menyusun strata taman yang artistik. Apalagi jika warna variantnya juga dikombinasikan.

Tanaman Ruellia bisa kita temukan dalam 3 variant warna, yakni ungu, pink dan putih. Namun demikian, variant warna ungu lah yang paling mudah kita temukan. Variant yang berwarna ungu ini sering juga disebut sebagai Mexican Blue Bell oleh tukang tanaman. Namun jika warna variantnya pink atau putih, barangkali nama Mexican Blue Bell sudah tidak sesuai lagi.

Ruellia (Ruellia brittoniana) memiliki bunga yang berbentuk mirip terompet dengan  5 mahkota bunga yang saling melekat satu sama lainnya. Jika tanaman tumbuh subur, kita bisa menemukan  5- 10 kuntum sekaligus dihasilkan oleh batang yang sama. Daunnya berbentuk panjang lancip dengan serat yang sangat jelas terlihat berwarna hijau tua.

Tanaman Ruellia termasuk diantara tanaman hias yang rajin berbunga dan sangat mudah perawatannya. Menanamnya sangat mudah, yakni hanya dengan menebar biji-bijinya yang sudah tua saja. Perawatan istimewa tidak terlalu banyak perlu dilakukan. Cukup siram dengan air. Tanam di tempat yang terekspose baik terhadap sinar matahari. Pemupukan cukup dilakukan sekali jika perlu. Sisanya tanaman ini akan tetap berbunga dengan rajin. Untuk yang jenis ‘dwarf’,perbanyakan juga bisa dilakukan dengan menyepih anakan yang tumbuh di sekitar tanaan utama.

13 responses »

  1. Segernya mbaaak pagi-pagi lihat bunga seindah ini!
    Di Surabaya saya punya yang warna ungu, tapi yang merah muda ternyata lebih cakep ya…eh, saya baru tau juga kalo namanya ruellia🙂

  2. Jadi namanya Ruella..Yang ungu sering saya lihat di pagar halaman sekolah anak saya, memisahkan tempat laju mobil dengan tempat parkir. Bahkan pernah juga memotretnya..Sekarang bunga itu gak akan saya sebut cuma ungu saja, tapi Ruella ungu hehehe. Makasih Mb Dani..

    • Saya menggunakan 2 camera saat ini Pak Odi. Untuk pocket camera saya menggunakan Canon Digital Ixus 200 IS, sedangkan untuk professional camera saya menggunakan Canon EOS 7 D. Saya cukup happy dengan kwalitas gambarnya. Lumayan bagus buat saya yang bukan photographer professional. Kebanyakan foto-foto di blog ini menggunakan camera yang EOS 7D. Gambarnya lebih indah, namun sayangnya sizenya agak besar sehingga sulit & lambat untuk diup-load. Saya juga khawatir kalau pengunjung blog lambat membuka halaman saya gara-gara pixelnya yang kegedean. Akhirnya size-nya saya compress aja. Yah..kwalitasnya sih menurun lagi,namun setidaknya tidak menghalangi pengunjung untuk ceklak ceklik melihat foto-foto (terutama bunga).

      Note: kalau bunga Ruellia ini saya ambil dg camera Canon Digital Ixus 30 (bukan Ixus 200 IS) & sebagian dengan Canon EOS 7D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s