Pink Zepyranthes, Romantisme Musim Hujan…

Standard
Pink Zepyranthes, Romantisme Musim Hujan…

Adakah yang pernah membayangkan romantisme saat musim penghujan datang? Dimana matahari tersenyum malu-malu dan lebih suka berlindung di balik awan?  Saya memandang ke halaman saat butir hujan berjatuhan menetes di kuncup bunga Zepyranthes dan membayangkan romantisme di kelopaknya yang  berwarna dadu.

Pink Zepyranthes  atau sering juga disebut sebagi  bunga Lily Hujan Pink (Zepyranthes rosea) adalah tumbuhan bunga berumbi yang sangat banyak ditanam orang dipekarangan rumah, di taman-taman umum maupun halaman perkantoran. Bunganya yang kecil-kecil berkelopak enam dan berwarna pink sungguh sangat menawan hati jika dipandang. Saya sangat menyukai warnanya. Daunnya sendiri mirip daun kucai, sedikit lebih pendek dan pipih jika kita bandingkan dengan Zepyranthes candida yang berwarna putih. Sangat rajin berbunga terutama di musim hujan – mungkin itulah sebabnya mengapa Zepyranthes ini disebut sebagai Lily Hujan.

Pink Zepyranthes ini cantik bila ditanam bergerombol pada pot datar karena memberi pemandangan terbaiknya dari sudut atas. Juga banyak dimanfaatkan sebagai border taman, karena jika banyak kuncupnya mekar bersamaan akan memberikan hamparan tepi taman yang dadu romantis. Namun menurut saya, cara terbaik menanam Zepyranthes pink ini adalah dengan menempatkannya dibawah  batang pohon/perdu di halaman. Sepengamatan saya,tanaman ini memberikan bunga terbaiknya jika ia mendapatkan sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu terik. Bunga ini saya tanam puluhan tahun yang lalu ketika saya masih duduk di bangku SMA. Sempat nyaris lenyap dari halaman karena tak terawat. Dan sekarang tiba-tiba muncul lagi dan berbunga dengan indahnya setelah adik saya memasukkannya ke dalam daftar proyek pribadinya “Penyelamatan Tanaman Hias Yang Nyaris Sirna” di halaman rumah ayah saya.

Pembiakan Zepyranthes sangat mudah. Kita hanya perlu rajin-rajin menggali dan memisahkan anakannya dan menanamnya kembali dengan jarak terpisah. Guna memberikan kesempatan kepada setiap umbi untuk berbiak kembali.

9 responses »

  1. Kemarin pagi liat bunga ini yang berwarna putih di halaman rumah orang dan entah mengapa langsung jatuh cinta. Seperti yang penulis bilang, seperti ada nuansa romantisme di kuntum bunganya. Berhubung pengen beli buat ditanam di halaman tapi gak tau namanya terpaksa nanya ma google, akhirnya ketemu juga namanya. Makasih, mbak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s