Zinnia, Si Pemikat Kupu-Kupu Yang Paling Sukses.

Standard
Zinnia, Si Pemikat Kupu-Kupu Yang Paling Sukses.

Saya membaca di ‘Search  Engine Terms’ di blog saya,  seseorang sedang mencari informasi tentang  “jenis bunga apa yang paling disukai kupu-kupu?”.  Rasanya saya tahu jawabannya. Mungkin agak sedikit sok tahu, karena saya memang bukan ahli kupu-kupu,. Tapi setidaknya saya yakin  akan jawaban saya, berdasarkan pengamatan  yang saya lakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang terhadap mahluk cantik ini. Karena kebetulan,  kupu-kupu dan bunga adalah dua hal yang paling menarik perhatian saya.

Saya suka duduk- duduk di halaman  dan memperhatikan kupu-kupu terbang. Hinggap dari bunga ke bunga yang lain.  Hampir semua bunga disukai kupu-kupu. Namun diantara semua jenis bunga yang saya tahu, menurut saya bunga Zinnia adalah bunga yang paling sukses dalam memikat kunjungan kupu-kupu. Rasanya nyaris semua kupu-kupu gemar menghampiri bunga Zinnia dan hinggap di atasnya. Mulai dari kupu-kupu ukuran besar, sedang maupun kecil. Mulai dari yang warnanya hijau, biru, kuning, hitam,loreng, dan sebagainya. Semuanya sangat menyukai bunga Zinnia. Saya bahkan pernah memergoki sekaligus 10 ekor kupu-kupu sedang hinggap pada saat bersamaan di rumpun pohon Zinnia saya. Walaupun sebenarnya menurut saya, bunga ini tidak menebarkan wangi yang signifikan ke udara. Namun barangkali kupu-kupu tertarik oleh warna bunga ini yang selalu kinclong.

Untuk meyakinkan bahwa jawaban saya benar, maka saya mengup-load berbagai jenis kupu-kupu yang hinggap di bunga Zinnia di halaman dan kebetulan tertangkap oleh kamera saya.

Zinnia juga sangat mudah ditanam. Cukup dengan menebar biji-bijinya yang diambil dari buahnya (bunganya yang sudah kering),maka Zinnia akan tumbuh dengan cepat. Berikutnya tinggal kita pindahkan dan tanam anakannya yang baru di lokasi halaman yang kita mau. Perawatannya juga tidak rewel. Yang penting cukup sinar matahari dan air.

Nah,bagi penggemar kupu-kupu, kenapa tidak menanam bunga Zinnia saja?

19 responses »

  1. WAH BISA jadi ladang kupu kupu nich hheheheheh d(^o^”) sayang gak punya halaman untuk bertanam

    apa disana banyak sari-sari bunga untuk dimakan kali ya mbak selain warnanya yang kinclong 🙂

  2. oh ini namanya bunga zinnia.. sering liat tapi gaktau namanya.😛 saya pernah liat dan pegang bunganya yang udah kering dan hitam. mungkin buat dijadikan bibit kayak yang dijelaskan diatas. hm.. sejak Nenek saya meninggal rumah kami memang jadi lebih sepi dari pemandangan bunga2an yang berwarna-warni. tapi emak saya masih terus mempertahankan tanaman2 lain, terutama yang ijo2 seperti kaktus. taneman favorit nenek dan emak mungkin beda. kalo saya yang dibiarin nanem, pasti lebih beda lagi. saya malah pengen nanem sayur-sayuran.😆

    • Iya. Namanya Zinnia. Dulu ada juga yang menyebutnya bunga kertas. Tapi karena ada jenis bunga lain juga yang disebut bunga kertas, saya lebih memilih tetap menggunakan nama Zinnia saja.
      ha ha.. iya . Wanita biasanya suka tanaman hias. Tapi saya juga suka nanam sayuran. Dapur hidup. Bayem, kemangi,cabe, jeruk limau. Dulu juga pernah nanam singkong buat diambil daunnya. Lumayan buat darurat. Lagian,kalau bisa makan hasil tanaman sendiri rasanya lebih bangga he he..

  3. mbak,,need info, tau info untuk tempat yg jual bunga zinnia, saya ingin beri surprise buat pasangan saya, karna dia suka dengan bunga itu, mohon bantuannya mbak

    • Mas Novan, maaf nih infonya mungkin agakkurang praktis.Tapi cumaini yang saya tahu::
      – Kalau hanya mau bibitnya dlmbentuk biji, bisa dibeli di Trubus, tokotoko bangunan seperti Mitra 10, Depo Bangunan atai AceHardware.
      – Kalau mau bibit tanaman yang sudah tumbuh,kelihatannya harus menyusuri tukang-tukang tanaman yang dipinggir jalan.Cukup sering saya lihat di tukang-tukang tanaman di sekitar Graha Bintaro,Mas..

  4. Mantap gan, ane coba deh, soalnya lagi ada proyek kecil-kecilan mau datangin kupu-kupu yang ada disekitar tempat tinggal, sekarang sudah lumayan rame kupu-kupu yang datang tapi masih kurang nih yang cantik2 semoga ntar setelah ada bunga zinia bisa tambah rame lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s