Acar Segar – Timun Jeruk Nipis Ala Jineng.

Standard

Seperti halnya kebanyakan wanita, sebagai  seorang istri, saya selalu berusaha menyenangkan hati suami saya dengan memasak makanan kesukaannya. Tentu saja saya lakukan  jika saya punya waktu. Walaupun awalnya saya kurang pandai memasak, dengan berjalannya waktu saya mulai belajar dan berusaha mengamati selera makannya. Juga rajin rajin bertanya kepada ibu mertua saya. Sedikit-sedikit saya mulai bisa memasak. Sekarang suami saya malah lebih menyukai masakan saya ketimbang masakan orang lain. Tentu saja sangat menyenangkan.

Salah satu kegemaran suami saya adalah acar.  Kebanyakan orang membuat acar untuk disimpan lama. Sebagai cadangan makanan jika makanan segar sudah tidak melimpah lagi. Karena relatif acar ini dianggap sabagi makanan yang lebih awet dibandingkan tidak diacar. Namun saya   justru lebih menyukai acar yang segar dan baru jadi. Selain rasanya lebih enak menurut saya, juga saya merasa lebih aman dalam mengkonsumsinya. Kali ini saya ingin share tentang cara sederhana membuat acar segar ini.

Bahan-bahannya sangat mudah didapat. Yakni timun muda segar (saya lebih menyukai timun yang semuda mungkin), cabe rawit hijau (kalau ada, yang lebih muda lebih baik), bawang merah kalau suka, garam dapur, gula pasir dan jeruk nipis ( saya lebih suka menggunakan perasan jeruk nipis sebagai pengganti cuka).

Cara membuatnya:

1/. Cuci bersih timun. Belah memanjang menjadi 4 bagian, lalu potong kecil-kecil.  Sebagai variasi, kalau tidka menyukai kulitnya, timun bisa dikupas terlebih dahulu. Atau kalau mau disimpan lama, biji-biji timun juga bisa dibuang.

2/. Petik cabe dan buang tangkainya.Lalu cuci bersih dan tiriskan.

3/. Kalau suka bawang – Bersihkan bawang dan potong 2 atau 4 bagian tergantung besar kecilnya. Cuci dan tiriskan.

4/. Masukkan potongan mentimun, cabe rawit dan bawang ke dalam mangkuk sambal. Tambahkan garam, gula pasir dan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga tercampur rata.

5/. Simpan di lemari pendingin beberapa saat sebelum dihidangkan.

Acar ini enak dihidangkan bersama masakan lainnya seperti misalnya Mie Goreng, Bihun Goreng, Cap Cay, Ayam Goreng, Nasi Goreng dan sebagainya.

21 responses »

  1. wah acar buatan seorang istri <— mengkhayal masa depan hehehehehe

    pasti menyenangkan bisa makan masakan istri yang kita sayang ya mbak – gak enak juga pasti jadi enak hahahaha d(^o^")

    • Ha ha ha benar Ko.Soalnya kalau sampai dibilang nggak enak, ntar istri biasanya ngancam “..ya udah, besok aku nggak masakin lagi deh..” Jadi suami biasanya akan bilang bahwa masakan istrinya enak he he

    • Ya. Asal muasalnya sih cuka, Pak Mars. Tapi karena suatu hari saya nggak punya cuka, maka saya coba ganti dengan air perasan jeruk nipis. Ternyata enak juga. lama-lama saya malah lebih suka rasa acar yang menggunakan jeruk nipis ketimbang cuka untuk menciptakan rasa asemnya,pak.

  2. resep baru jeruk nipis pengganti cuka, selama ini kalau bikin acar pake cuka, tar mau di coba pake jeruk nipis….

    lain orang lain selera… kalau saya ketemu yang namanya acar malah yang di cari bawang merahnya hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s