My Team Is Great! My Team Is Brilliant!

Standard

Kemarin saya mendapatkan kabar bahwa team di tempat saya bekerja  berhasil mencapai apa yang ditargetkan tahun anggaran ini. Tentu saja semua ini membuat saya merasa sangat senang dan terharu atas apa yang telah teman-teman saya usahakan dan capai dengan gilang gemilang. Setahun yang penuh kerja keras. Penuh pembelajaran. Memilah dan Memilih. Memastikan segala hal  cara lama yang baik untuk diteruskan. Melakukan pendekatan baru untuk menggantikan cara lama yang kurang berhasil. Set up system yang baru. Raih kesuksesan kecil. Lalu memastikan sukses kecil itu terjadi secara konsisten setiap saat. Sukses kecil setapak demi setapak. Hingga terakumulasi dan melahirkan sebuah kesuksesan besar pada akhirnya.

Kesuksesan ini bagi saya adalah sebuah ‘milestone’  dimana saya merasa perlu untuk berhenti sejenak dan menoleh ke belakang. Untuk merenungkan perjalanan ini  dan memetik hikmahnya. Sebelum kami harus segera bergerak kembali menyongsong harapan baru yang semakin cemerlang ke depannya.

Banyak hal yang mendukung suatu usaha agar berhasil dengan sukses. Diantaranya adalah system yang baik dan process yang baik. Namun yang tak kalah penting adalah sumber daya manusia yang mengerjakannya. Karena bagaimanapun bagusnya process dan system yang kita miliki, namun jika kita tidak memiliki team yang baik untuk  menjalankan semua process dan system itu, maka sulit untuk membayangkan kesuksesan itu bisa tercapai dengan baik.

Saya melihat peranan team yang luar biasa dalam memastikan agar semua kesuksesan ini bisa terjadi. Team yang tahan banting. Tetap kuat dan saling mendukung saat kesulitan melanda. Berusaha keras untuk membalikkan diri dari keterpurukan. Tidak ‘reluctant’ terhadap perubahan yang terjadi. Bahkan selalu berusaha terlibat menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. Penuh semangat. Tetap optimis akan hasil yang lebih baik. Semakin optimis  ketika menyadari sebuah kesuksesan kecil bisa  dicapai.  Hingga akhirnya, kesuksesan besar itu memang benar-benar terjadi.

Semangat! Dan keinginan! Itulah yang  sangat saya  hargai.  Pengetahuan dan ketrampilan adalah sesuatu yang bisa kita pelajari dari luar. Dan sambil berjalan. Namun semangat dan keinginan untuk sukses  itu datang dari dalam diri sendiri. Ketika kita memiliki semangat dan keinginan untuk sukses, maka  segala sesuatu akan terasa jauh lebih mudah.

Saya jadi teringat kembali akan bagian akhir dari buku ke tujuh dari Musashi tulisan Eiji Yoshikawa. Buku ke tujuh yang merupakan buku terakhir dari serial itu mengisahkan kemenangan Musashi ats  Kojiro – seorang ahli pedang yang tangguh. Kojiro dipandang oleh Musashi sebagai lawan yang paling gagah berani diantara lawan-lawan yang pernah diajaknya bertarung. Sehingga Musashi pun sangat kagum dan menaruh hormat padanya.

Apakah gerangan yang menyebabkan kemenangan Musashi atas Kojiro? Jelas-jelas Kojiro memiliki ketrampilan  dan kekuatan yang melebihi  Musashi. Namun mengapa Musashi basa menang? Ternyata jawabannya adalah :  “ Kojiro meletakkan  keyakinannya, kekuatan dan ketrampilan  pada pedang. Musashi mempercayakan semangatnya pada pedang. Itulah yang membedakan keduanya ”.   Jadi, semangat dan keinginan itu  adalah yang paling penting yang harus dimiliki oleh team. Ia melebihi apapun dalam mencapai sebuah kesuksesan. Dan team saya memiliki semuanya itu.  Sungguh sangat beruntung saya  diberikan kesempatan untuk memiliki team yang penuh semangat dan keinginan untuk sukses. Saya bangga telah menjadi bagiannya.

25 responses »

  1. tim hebat dengan spirit yang kuat, selamat atas kesuksesan yang telah di capai. namun mohon di ingat : masih ada kesempatan di depan, kompetitor tidak mudah menyerah❗

  2. Semangat mushashi jg bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari2 ya Mb Dani. Mengumpulkan sukses2 kecil yg pd suatu saat ditengok ke belakang, ternyata suksesnya sdh menggunung. Hm, sangat suka pd konsep ini 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s