Dwarf Lime Butterfly…

Standard

Selalu saja ada yang menarik, ketika kita duduk duduk di halaman dan memandang bagaimana segala jenis insekta datang, beraktifitas dan lalu terbang menjauh dari bunga ke bunga.  Saya sangat menyukai kupu-kupu. Tentu karena bentuk dan keindahan tata warna sayapnya bak palet-palet warna cat acrylic yang beterbangan di udara.

Suatu kali saya menemukan seekor Kupu-kupu Jeruk (Lime Butterfly Papilio demolius) yang ukurannya jauh lebih kecil dari ukuran biasanya. Kupu-kupu ini sebenarnya tergolong ke dalam jenis kupu-kupu berukuran sedang dengan bentang sayap antara 3.5 – 5 cm.  Jika hinggap di atas bunga mawar kebun, maka bentangan sayapnya biasanya menutupi keseluruhan bunga, atau bahkan melewati panjang bunga mawar.  Namun entah kenapa kali ini kupu-kupu yang hinggap di bunga mawar ini memiliki badan yang kerdil.  Bentangan sayapnya tidak melebihi diameter bunga mawar standard. Saya belum pernah melihat sebelumnya.

Menariknya,   lay out dari setiap element design sayapnya serta tata warnanya sama persis dengan Kupu-Kupu Jeruk biasa.   Kupu-kupu kerdil! Hmm.. menarik juga untuk didokumentasikan sebelum ia terbang kembali dan hilang dari ingatan.

Memandangnya terbang dari satu bunga ke bunga yang lain, membuat saya jadi sering berpikir akan Sang Pencipta dibalik semua keindahan alam yang maha dahsyat ini. The Creator!. Betapa banyaknya hasil karya ciptaNYA? Dan berapa banyak yang belum sempat bisa kita saksikan keindahannya?  Namun demikian, rasanya selalu bersyukur diberi karunia untuk dapat merasakan keindahanNYA setiap hari.  Selalu ada keindahan yang bisa saya lihat dalam setiap jengkal kehidupan  saya. Something good in everything I see…

14 responses »

  1. Kalau mau jujur bahwa semua yang diciptakan oleh Tuhan sangat Luar biasa, ada yang Indah ada pula yang kurang indah ,tergantung dari sudut mana kita memandangnya…”……
    Dan ide,kreativitas,sebenarnya semua diberikan oleh Tuhan kepada manusia,,,namun terkadang tidak bisa memanfaatkannya dan menikmatinya….
    Keindahan perlu tetap kita buka disetiap kesempatan untuk dapat menikmati keindahan yang sebenarnya…
    Terimakasih tulisan yang menarik……buatlah sisa hidup kita seindah indahnya…….why not be the best.

  2. Ingat postingan jeng Ade tentang mengundang kupu-kupu, kadang si kupu-kupu cantik juga menitip telurnya si calon ulat di kebun kita tuk meneruskan siklus hidupnya. Terpujilah Sang Pencipta dan penyelenggara kehidupan, Salam

  3. Salam kenal Mbak. Tulisannya tentanf kupu kupu bagus sekali! Sangat informatif dan inspiratif. Pada kesempatan ini saya ingin bertanya. Di kebun saya ad kepompong lime swallow tail, tapi tidak sengaja kesemprot air waktu menyiram dan jatuh ditanah. Kepompong ini boleh saya geletakan begitu saja atau harus saya ganyung supaya kupu2 nya bisa keluar. Rasanya sayang saja kalau kupu kupuny sampai mati 😭😭 mohon bantuannya terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s