“Potato – Brocolli – Cheese”, Kentang Keju Favorit Anak-Anak.

Standard
“Potato – Brocolli – Cheese”, Kentang Keju Favorit Anak-Anak.

 

Selera makan anak sangat berbeda-beda. Ada yang anteng dan mudah setuju untuk ikut mengkonsumsi makanan yang tersedia di meja makan, ada juga yang rewel dan susah dibujuk. Rupanya sebagai ibu, kita perlu juga menerapkan strategy yang jitu untuk menghadapi  anak-anak yang rewel makan ini agar  asupan carbohydrate, protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya mencukupi. Salah satu caranya adalah dengan mencoba berbagai jenis makanan dan memperhatikan, jenis makanan mana yang disukainya dan mana yang tidak.

Salah satu jenis makanan yang rupanya cukup menarik buat anak-anak saya adalah Potato Cheese. Saya perhatikan jika saya sediakan ini di meja makan, cukup menarik minat anak saya untuk nambah lagi dan nambah lagi. Nah, ini bisa kita bikin sendiri dengan mudah di rumah. Bahannya mudah, hanya Kentang, Keju dan Brokoli.

Kentang merupakan salah satu sumber carbohydrat yang sangat baik untuk menjamin keberadaan sumber energy bagi anak kita untukmelakukan aktifitas dengan baik. Selain itu kentang juga kaya akan berbagai mineral seperti potassium, besi, kalsium dan fosfor.  Juga mengandung Vitamin C yang tinggi, yang lumayan  berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Saya menggunakan jenis kentang apa saja yang tersedia di pasar atau di tukang sayur untuk membuat masakan ini. Kentang cukup dicuci hingga bersih, lalu direbus beserta  kulitnya. Saran terbaik adalah dengan memakannya bersama kulitnya, karena kandungan mineral yang tinggi pada kentang justru terletak pada kulitnya.

Brokoli. Sayuran adalah jenis makanan yang paling sulit disukai oleh anak laki-laki. Tapi membujuknya dengan brokoli yang bertabur keju, lumayan memudahkan kita sebagai ibu untuk membujuknya makan sayur. Brocolli yang berwarna hijau menarik ini adalah sumber serat yang sangat baik.Sangat kaya akan berbagai vitamin, terutama Vitamin A, C dan E yang bersifat antioxidant – sangat berguna untuk menghindarkan kerusakan sel-sel tubuh, Vitamin K, Riboflavin, Vit B12, Folate, Potassium dan Mangan. Mengolahnya cukup dengan memecahnya menjadi bagian-bagian kecil, rebus sebentar lalu angkat dan tiriskan. Susun di atas  kentang rebus di atas piring.

Keju – biasanya saya memilih Cheddar Cheese saja – karena selain lebih familiar rasanya, juga lebih murah harganya dan mudah didapatkan di pasaran. Cheddar cheese ini bukan saja enak, tetapi juga mengandung nilai nutrisi yang sangat baik. Cheddar Cheese mengandung protein yang sangat tinggi  yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. Selain itu juga mengandung serat , mineral Calcium  dan  sedikit vitamin A, Riboflavin dan Vitalmin B12. Untuk mengolahnya,keju cukup diparut dengan parutan kasar, atau bisa juga dilelehkan dan kemudian dituangkan/ditaburkan di atas kentang dan brokoli di atas piring saji.

Sekarang Potato-Brocolli – Cheese sudah siap disajikan di atas meja makan. Anak-anak pasti menyukainya!

10 responses »

  1. persis dg anak anak di rumah made….. susah banget kalau urusan makan tak jarang mamahnya ngomel ngomel “di suruh makan aja susah apalagi di suruh kerja” katanya….

  2. waaah apalagi kalau pakai cheese leleh untuk Pizza, pasti yummy. Untung anak-anakku tidak sulit disuruh makan kentang biasa, brokoli rebus, wortel rebus/mentah, ketimun sehingga sering saya siapkan stik sayuran saja.

  3. Idiiih, mbaaaak…ini juga saya suka bangeeeetttt!
    Semakin dewasa anak saya malah semakin suka segala jenis sayuran, mungkin karena sudah tinggal terpisah dari saya ya mbak, jadi nggak bisa pilih-pilih makanan lagi. Semua habis dilahap😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s