Frangipani Berkelopak Banyak.

Standard

Frangipani! Alias Plumeria atau  bunga Kamboja. Semua orang pasti mengenalnya. Terutama jika kita tinggal di Bali. Bunga ini memegang peranan yang sangat penting dalam aktifitas sehari-hari. Misalnya untuk digunakan dalam upacara keagamaan, untuk menghias rambut ataupun hanya sekedar menghias halaman rumah. Bunga ini memiliki berbagai jenis warna dan warna kombinasi dengan kualitas yang sangat baik dan cemerlang. Memiliki berbagai ukuran dan bentuk kelopak yang berbeda.Ada yang lancip, ada juga yang kelopaknya agak membulat.  Bunga ini juga menebarkan harum yang sayup dan bersahabat.

Bertahun-tahun saya mengenal bunga ini berkelopak sebanyak lima lembar.Walaupun sesekali ada juga  bunga yang kurang normal, berkelopak kurang ataupun lebih dari lima buah. Namun belakangan ini saya melihat mulai banyak dibiakkan jenis Frangipani yang berkelopak majemuk. Bunga ini terlihat sangat lucu dan ajaib. Mirip kelopak bunga kamboja lepasan yang digabung menjadi satu di pangkalnya. Namun demikian tetap menarik untuk dikoleksi. Seperti halnya jenis Frangipani yang lain, jenis inipun sangat mudah  dipelihara . Juga sangat mudah dibiakkan dengan hanya memotong dahannya yang sudah cukup tua dan menancap annya di tanah.

 Melihat keindahan bunga ini,saya jadi berpikir. Bunga  frangipani ini jelas berbeda dari jenisnya. Memiliki kelopak yang banyak, saat bunga frangipani yang lainnya hanya berkelopak lima lembar.  Walaupun bunga ini berbeda, namun tetap terlihat indah dan tetap menarik.  jadi sebenarnya  kita tak perlu harus selalu mengikuti standard yang berlaku  umum.  Berbeda dari yang lain, bisa juga menjadi sebuah pilihan yang cukup baik.

11 responses »

  1. kalau ini kamboja yang jenisnya banyak tumbuh di kuburan kayanya ya bun, ooops maaf kalau salah🙂 banyak bunga kamboja dirumah ortu tapi jenisnya beda warnanya banyak

  2. Kalau Frangipaninya berkelopak majemuk begitu kok jadi kelihatan spt jasminnya sini ya? heheheh Tapi besarnya gimana mbak? sama dengan frangipani biasa atau lebih kecil?

  3. Jadi nama cantiknya frangipani. selama ini saya tahunya cuma sbg kemboja, mbak. dan kemboja sering dilihat sebagai bunga mistis krn sering pula ditanam di kuburan.

    • namanya terlalu banyak, Mbak. Ada yang bilang kamboja, frangipani,plumeria.. nah kalau di Bali malah disebut Jepun. Kedengerannya kurang keren… namun anehnya, bunga yang namanya nggak keren begitu malah pemanfaatannya paling banyak he he..

  4. wow, kebayang yah, kalo di rumahku tumbuh banyak bunga-bunga..
    senangnya nanti jika punya pendamping yg suka bunga🙂

    Salam dari bukanperantau, baru muncul mba..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s