Mengajak Anak Mengamati Bajing Di Alam.

Standard
Mengajak Anak Mengamati Bajing Di Alam.

Bajing!!. Binatang pengerat mirip tikus dan berekor panjang ini  sering dikelirukan sebagai Tupai. Walaupun sebenarnya, bajing dan tupai bukanlah binatang yang sama. Bajing  (Callosciurus sp) adalah pemakan buah kelapa, kacang-kacangan atau biji-bijian, sedangkan Tupai (Tupaiia sp) adalah pemakan serangga. Tampangnya juga sedikit berbeda. Bajing memiliki wajah yang lebih bulat sedangkan tupai memiliki wajah yang lebih panjang. Sayangnya banyak orang yang menyangka Bajing dan Tupai adalah sama. Demikian juga di Bali, kedua jenis binatang ini hanya disebut sebagai Semal saja. Namun karena jenis bajing lebih umum ditemukan, tentu saja kata Semal ini akhirnya lebih mengacu kepada Bajing yang biasa ditemukan berlarian di pelepah pohon kelapa.

Binatang ini memiliki panjang tubuh sekitar 20-30 cm, dengan berat badan berkisar setengah kilogram. Bulunya berwarna coklat bercampur abu-abu mirip dengan warna batang pohon. Kakinya sendiri berwarna abu-abu kehitaman. Umumnya hidup di atas pepohonan,dan aktif pada siang hari.

Populasi Semal atau Bajing di Bali cukup banyak. Dan binatang ini juga dianggap sebagai hama kelapa yang perlu diburu.  Sehingga pada jaman dulu di pedesaan sangat umum kita temukan Sekeha Semal, yakni organisasi atau kelompok yang bertugas memburu hama ini secara professional. Saya tidak tahu apakah Sekaha (kelompok) ini masih ada pada jaman sekarang ini. Namun saat saya berkesempatan ke Bali beberapa saat yang lalu, saya masih melihat cukup banyak bajing yang berkeliaran di pohon kelapa di tepi pantai di Sanur.  Sedemikian bebas dan meredekanya, tanpa khawatir akan orang banyak yang berlalu lalang di sekitarnya. Kesempatan itu saya pergunakan untuk mengajak anak saya untuk mengamati lebih dekat lagi binatang yang lucu dan menggemaskan itu.

Saya kebetulan sangat menyukai binatang. Dan jika kebetulan anak saya juga menyukai binatang, tentu tidak ada salahnya saya mendorongnya untuk mengamati binatang di alam dengan lebih dekat lagi.   Menurut saya ada banyak manfaat mengajak anak untuk mengamati binatang di alam seperti contohnya mengamati bajing ini.

Anak bisa belajar langsung dari sumber utamanya, yakni binatang itu sendiri. Tentu anak akan jauh lebih mudah mencerna dan memahami setiap detail dari binatang itu  jika ia menggunakan semua panca inderanya untuk belajar. Jauh lebih baik dibanding jika ia hanya melihat gambarnya dan membacanya dari buku saja. Ia bisa melihat betapa menggemaskannya binatang ini. Betapa gesit dan tangkas gerakannya saat memanjat batang  pohon dan melompat dari dahan ke dahan. Betapa indah warna bulunya yang coklat keabuan berkilau ditimpa sinar matahari.

Anak juga sekaligus bisa belajar mengenai makanan bajing, tingkah lakunya, habitatnya dan sebagainya. Mengamati bajing juga memberikan kesenangan tersendiri bagi anak. Betapa tidak,karena bintang ini  tingkah lakunya sangat lucu dan menggemaskan. Anak saya suka bermain dan memberinya umpan kacang dan biji-bijian agar binatang ini mau mendekat ke arahnya.  

10 responses »

  1. Bagus sekali photonya🙂
    Sayang sekali di daerah kami hampir tidak pernah di jumpai yang namanya bajing (Callosciurus sp)
    Kalau Tupai (Tupaiia sp) atau celemes kalau di daerah sunda menyebutnya masih banyak di temukan.

  2. wow …. fotonya canti banget mbak

    bajingny alucu, beda sama bajing sini warnanya, di sini ada yg oranye merah mbak bajingnya, lumayan sering juga lihat di alam sini

  3. wah bisa sedekat itu mbak liat bajingnya,
    Biasanya suka kabur2an, dekat sini beberapa kali kulihat
    Baru tau juga bajing itu beda sama tupai

  4. Senang ya kalau masih bisa lihat bajing di alam terbuka. Di sini jarang atau kita harus ke dalam hutan dulu baru bisa lihat. Kalau bicara bajing, kok saya suka teringat hampster yang berlari2 di kitiran… sama-sama suka muter hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s