Spaghetti Aglio Olio e Peperoncino Ala Jineng Bali.

Standard

Minggu sore ini suami saya minta dimasakin Spaghetti dengan sauce Bolognese. Sudah lama juga saya tidak memanjakannya dengan memasak makanan Italia ini untuknya.  Walaupun hari Minggu, sebenarnya saya agak sibuk dengan pekerjaan saya. Karena saya harus menyelesaikan sebuah presentasi yang akan diperiksa oleh atasan saya besok pagi-pagi.  Namun tentu tidak baik bagi saya jika harus menolak permintaan suami. Saya mencoba berpikir bagaimana caranya agar pekerjaan beres, namun suami juga tidak kecewa.

Pertama, saya bereskan dulu setengah dari pekerjaan kantor saya. Setengahnya lagi, bisa saya lanjutkan pada malam hari. Jadi sore hari menjelang maghrib, saya bisa memasak untuk suami saya.  Agar lebih efisien dan tidak dua kali kerja di dapur, saya lalu menawarkan ke anak-anak apakah juga ingin dimasakin makanan yang sama dengan papanya.  Syukurnya anak-anak juga setuju. Yang penting dimasakin mama. Jadilah sore ini saya masak Spaghetti  untuk keluarga saya. Sekali masak, sekalian. Termasuk mbak-mbak yang kerja di rumah tentu bisa juga ikut menikmati Spaghetti buatan saya.

Masalahnya sekarang cuma satu.  Saya sendiri tidak mengkonsumsi daging sapi. Akibatnya saya tidak bisa menikmati masakan saya itu. Jadi saya harus mencari akal lagi agar tidak dua kali kerja. Setelah berpikir-pikir sejenak, saya terinspirasi oleh jenis masakan Spaghetti Aglio Olio e Peperoncino, yang pernah saya coba di beberapa restaurant.  Spaghetti yang dimasak dengan bawang putih, minyak zaitun dan cabe.  Saya akan menyisihkan sedikit bahan-bahan spagetti itu dan memodifikasinya sesuai selera kampung saya. Jadilah masakan ini saya beri nama “Spaghetti Aglio Olio e Peperoncino Ala Jineng Bali“.  Makanan berbasis Italia  yang dimasak  mengikuti selera kampung orang Bali seperti saya ini.

Saya share resepnya, barangkali ada yang tertarik mau mencoba?

Bahan-bahan  yang perlu kita siapkan ; spaghetti, bawang bombai (onion), bawang merah biasa (shallot),  bawang putih (garlic), daging ayam cincang, keju cheddar, daun dill, minyak kelapa (sebagai pengganti minyak zaitun), cabai merah, merica, Jamur shiitake, garam.

Cara memasaknya:

1/. Rebus spaghetti dalam air mendidih selama beberapa menit hingga empuk. Tiriskan, lalu simpan di piring lebar. Bubuhkan sedikit minyak kelapa untuk mencegah spaghetti agar tidak lengket.

2/. Iris bawang bombai, bawang merah dan bawang putih.

3/. Gerus biji merica. Parut keju cheddar dan cincang daun dill.

4/.  Didihkan minyak kelapa di dalam wajan. Masukkan bawang bombai, bawang merah  dan bawang putih yang sudah dicincang. Aduk hingga layu merata dan harum.

5/. Masukkan daging ayam cincang dan jamur  ke dalam wajan. Aduk-aduk merata hingga matang. Tambahkan sedikit garam dan merica yang sudah digerus.

6/. Kecilkan nyala api , lalu masukkan irisan cabai dan spaghetti. Aduk-aduk hingga bumbu merata.

7/. Hidangkan di atas piring saji. Taburi dengan keju cheddar parut dan daun dill yang sudah dicincang.

Sekarang Spaghetti Aglio Olio Peperoncino ala Jineng Bali sudah siap dihidangkan di atas meja makan. Sangat praktis dilakukan sekalian pada saat memasak Spaghetti dengan saus lain. Sebagai menu alternative bagi yang tidak mengkonsumsi daging sapi.

Dimakan bersama keluarga di bawah Jineng (bangunan lumbung traditional Bali), masakan ini sudah benar-benar terasa menyatu dengan selera Indonesia. Tidak tersisa kesan bahwa masakan itu sesungguhnya terinspirasi dari masakan Italia.

26 responses »

  1. Tampak sedap Mbak( sambil membayangkan makan spagheti tanpa daging) . hm akhir pekan masih kerja juga ya. tipe pekerja keras. sukses terus ya mb dhani🙂

  2. Spagheti masakan mama Ade memang top dengan ramuan kasih sayang. menikmatinya dalam kebersamaan keluarga. Selamat memadukan karya dan keluarga Jeng,

Leave a Reply

