Pare Yang Tidak Pahit.

Standard
Pare Yang Tidak Pahit.

Ketika masih menjadi anak kost di tahun 80 an di Denpasar, wilayah jelajah saya adalah seputaran Sudirman- Panjer- Sanglah. Di saat itu, biasanya saya hanya membeli makan dari warung-warung atau rumah makan kecil yang banyak terdapat di sekitar kampus. Paling sering saya membeli makan siang saya di Pasar Sapi. Salah satu  rumah makan favorite saya berlokasi di pertigaan Pasar Sapi – Sanglah. Kalau tidak salah namanya Depot Adi. Entah masih ada atau tidak saat ini.  Saya belum pernah melintas di daerah itu lagi belakangan ini.

Saya masih ingat, menu favorite saya adalah Nasi campur dengan lauk ayam suir, telor menyar ½ butir dengan sambal merah di atasnya, tumis pare telor yang sama sekali tidak terasa pahit, serta ayam goreng kering. Nah,untuk mengenang masa remaja saya itu, saya lalu berusaha menebak bagaimana caranya memasak pare tanpa harus terasa pahit ala rumah makan itu dan menghidangkannya sekali-sekali di atas meja makan saya di rumah. Dan saya pikir, rasanya sama dengan apa yang suka saya beli di rumah makan itu.

Untuk memudahkan, saya juga mengajarkan pembantu rumah tangga di rumah saya bagaimana caranya memasak tumis pare telor  yang tidak pahit ini. Sekarang  ia mulai pintar memasaknya tanpa harus saya supervisi lagi.

Bahan-bahan yang diperlukan hanya buah pare 2 buah, bawang merah, bawang putih, garam, cabai keriting, 2 butir telor. Memasaknya sedikit perlu usaha dan tenaga.

Pertama, kita perlu memilih pare yang bersih dan segar. Yang lebih muda lebih baik.

Cuci buah pare hingga bersih. Belah pare menjadi dua bagian memanjang. Lalu setiap bagian kita iris tipis-tipis membentuk setengah lingkaran.

Masukkan irisan pare ke dalam baskom sayur, lalu taburi dengan sedikit garam. Remas-remas irisan pare hingga layu dan keluar cairannya. Remas terus hingga cairan yang terkumpul cukup banyak, lalu cairannya kita buang. Remas kembali sisa pare yang sudah layu, dan buang kembali airnya. Demikian seterusnya hingga kita yakin, cairannya yang terasa pahit itu sudah keluar semua dan terbuang.

Iris bawang merah, bawang putih dan cabe keriting tipis tipis.

Panaskan wajan, tuangkan sedikit minyak kelapa untuk menumis. Lalu tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga layu dan harum.  Masukkan irisan cabai rawit. Aduk-aduk sebentar, lalu pecahkan telor di atas wajan dan aduk aduk secepatnya.

Segera masukkan pare yang sudah layu untuk ditumis bersama. Aduk merata hingga  bumbu, telor dan pare bercampur rata. Lalu angkat dan hidangkan di atas piring saji.

Hidangan ini sama sekali tidak terasa pahit. Coba, deh.

7 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s