Jro Mangku Kuat, Pelukis Traditional di Hulun Danu Batur di Songan.

Standard

Jika kita menelusuri jalanan yang melintas batu-batu cadas di tepian danau Batur sampai ujungnya habis di desa Songan, Kintamani di Kabupaten Bangli,  maka kita akan berhenti di halaman sebuah pura Kahyangan Jagat yang sangat penting keberadaannya di Bali, yakni Pura Hulundanu.  Berbagai kalangan masyarakat dari segala penjuru Bali berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan di sana.

Pura Hulundanu itu sendiri berlokasi di  sebuah lembah di hulu danau Batur sesuai dengan namanya yakni; hulun (hulu) dan danu (danau). Lembah  yang indah itu dipagari oleh bukit yang sangat hijau oleh pepohonan yang sangat subur bahkan dimusim kemarau. Hanya beberapa ratus meter jaraknya dari tepi danau. Sehingga jika kita berdiri di halaman Pura itu, kita bisa memandang ke arah danau yang indah itu dengan leluasa. Tidak heran, tempat itupun menjadi  tujuan para pelancong juga, selain masyarakat yang memang datang untuk melakukan persembahyangan.

Di depan halaman Pura itu, terdapat sebuah bengkel kerja seorang pelukis tradisional Bali yang bernama Jro Mangku Ketut Kuat. Kemarin saya kebetulan berada di tempat itu bersama keluarga saya. Perhatian saya tertuju ke bengkel seni itu. Kebetulan memang saya sangat menyukai lukisan. Sayapun memasuki bengkel lukisan itu dan melihat-lihat lukisan yang sedang dikerjakan maupun yang sudah dipajang.

Sepintas lalu saya tidak melihat keistimewaan dari apa yang dipajang di bengkel seni itu, selain bahwa lukisan-lukisan Jro Mangku Kuat ini terlihat lebih rumit, detail dan penuh.  Selebihnya serupa dengan lukisan traditional Bali lainnya yang sudah sedikit mixed dengan gaya surealis. Semua lukisan itu dikerjakan dengan cat minyak di atas canvas dengan ukuran yang beragam. Saya pikir beberapa seniman lukis traditional di Ubud maupun daerah Gianyar lainpun banyak yang melukis seperti itu.  Namun beberapa saat setelah mengamati thema, goresan dan usapan kwas nya lebih detail  serta meresapi makna serta menikmati getaran perasaan yang ditimbulkannya, saya mulai menemukan bahwa  karya pelukis ini ternyata sangat istimewa.

Lukisan Jro Mangku Kuat adalah lukisan traditional berlatar belakang kebudayaan Bali, diciptakan dengan menggunakan teknik lukis traditional, yang diinspirasi oleh pengalaman spiritualnya sebagai seorang pemangku di Ulundanu serta keindahan bentang alam Gunung dan Danau Batur. Dengan demikian, maka lukisan-lukisan Jro Mangku Kuat ini memungkinkan penikmatnya merasakan keindahan yang  mendamaikan dan energy yang tidak putus.

Sesuatu yang membuatnya berbeda dan tidak  seperti lukisan ‘pabrikan’ yang tidak bernyawa.  Hingga tidak heran beberapa pengusaha yang sukses  sengaja datang memesan lukisannya. Mereka mencari sesuatu yang berbeda dari apa yang disediakan secara  ‘mass market’dari pasar seni di Bali.  Mereka men’value’  seni  dengan muatan inspirasi spiritual dan alam. Dari dokumentasi foto yang ada, saya juga melihat bahkan Gubernur Bali, Pak Mangku Pastika pun  datang ke bengkel seninya.

One response »

  1. DATANG DAN IKUTILAH

    Lomba menggambar Art & Graphic dengan Tema “Uniknya Kotaku ”

    Biaya Pendaftaran: Rp. 60.000
    Mendapatkan:
    :: Produk Art & Graphic senilai Rp. 107.000*
    :: Kertas Gambar A3
    :: Nametag Peserta
    :: Snack
    * Produk di dalamnya tidak termasuk kuas

    KRITERIA PENJURIAN:
    :: Keaslian karya
    :: Teknik menggambar
    :: Keunikan gambar/konsep
    :: Kesinambungan antara karya dan konsep yang ditulis

    Pelaksanaan Lomba di BALI:
    Hari/Tanggal : Minggu, 10 November 2013
    Pukul : 09.00 – selesai
    Tempat : Kampus ISI
    Jl. Nusa Indah Denpasar Bali

    HADIAH KATEGORI MAHASISWA – UMUM:
    JUARA I : Rp. 1.750.000 + Sertifikat
    JUARA II : Rp. 1.250.000 + Sertifikat
    JUARA III : Rp. 1.000.000 + Sertifikat

    HADIAH KATEGORI SMP – SMA:
    JUARA I : Rp. 1.250.000 + Sertifikat
    JUARA II : Rp. 1.000.000 + Sertifikat
    JUARA III : Rp. 750.000 + Sertifikat

    JUARA FAVORIT NASIONAL
    Produk Art & Graphic Faber-Castell senilai Rp. 2.000.000
    Berdasarkan “LIKE” terbanyak di Facebook Faber-Castell Int’l Indonesia

    INFO PENDAFTARAN
    Contact Person ::
    Sutri Hartono (083119928549, 081916542923)
    Ucky (081999861578)

    Setiap peserta yang mendaftar akan langsung mendapatkan Produk Art & Graphic
    Buruan daftar STOCK TERBATAS!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s