Bangli Tanah Kelahiranku: Sokasi Bangli III.

Standard

Seni adalah perjalanan yang tak pernah berhenti. Ketika sebuah seni mencapai  sebuah ‘milestone’nya, maka milestone yang berikutnya telah menunggu. Milestone yang baru bisa jadi berada di jalur perjalann yang sama. Atau bisa juga di persimpangan jalan yang lainnya. Demikian juga ketika kita memperhatikan perjalanan seni yang dipalikasikan pada Sokasi Bangli. Ragam hias yang diaplikasikan pada  box anyaman bambu ini seolah  tiada mengenal kata berhenti.

Ketika masyarakat bosan dengan anyaman Sokasi  yang polos, maka berikutnya muncul ragam hias dari anyaman bambu dengan motif anyaman beraneka rupa.  Namun perjalanan seni Sokasi Bangli ini tidak berhenti sampai di situ. Sokasi  alias Keben bermotif anyam ini  tidak serta merta  mampu memuaskan minat  masyarakat  sepenuhnya akan seni yang dinamis. Sokasi  lukis dan sokasi batikpun banyak dikembangkan yang menarik lebih banyak lagi minat konsumen untuk  membeli.

Dan sekarang dengan semakin berkembang nya teknology dan daya adaptasi, para seniman lukis Sokasi inipun kembali melakukan inovasi  seni dengan mengadopsi seni-seni yang berkembang pada produk lain seperti  misalnya pada kain dan busana wanita. Terciptalah Sokasi-Sokasi  Bangli yang bermotif lukis  dengan menggunakan teknis lukis  gel maupun airbrush yang hasil akhirnya menyerupai motif-motif dan design yang umum kita temukan belakangan ini pada kain kebaya.

Ketika seniman lebih cepat bosan dibanding konsumen, maka  karya seni barupun mengalir seperti derasnya air sungai di musim penghujan.  Itulah yang saya pikirkan ketika berkunjung ke banjar Tegal Asah, di desa dan kecamatan Tembuku, di Bangli – Bali,  di mana Sokasi-sokasi ini dilukis oleh pengrajin setempat dan siap dipasarkan ke luar kabupaten.

Yuk, kita mampir ke Bangli!

One response »

  1. Pingback: Pesona Desa Panglipuran (Desa Adat Bali) | RyNaRi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s