Spirit of Wipro Run 2012 – Indonesia.

Standard

Hari ini para tanggal 15 September 2012, para Wiproites (istilah untuk karyawan perusahaan-perusahaan dari Group Wipro) di 71 kota di seluruh dunia, serentak  mengikuti acara Spirit of Wipro Run di negaranya masing-masing. Di Indonesia sendiri acara ini diselenggarakan di area Alam Sutera Boullevard, Tangerang   bagi para karyawan di Jakarta dan sekitarnya. Spirit of Wipro Run merupakan ‘tradisi’  yang dilakukan oleh Wipro setiap tahunnya sejak 2006. Sehingga, walaupun di Indonesia Spirit of Wipro  Run ini baru pertama kali dilakukan, namun sebenarnya tahun ini adalah tahun ketujuh bagi negara-negara lain.

Spirit of Wipro Run  merupakan bentuk kecintaan Wipro terhadap olahraga dan komunitas pencinta “Berlari”.  Selain itu, Spirit Of Wipro Run juga merupakan salah satu perayaan untuk memaknai “Spirit of Wipro” yang merupakan semangat dan nilai-nilai  yang diterapkan dalam kehidupan keluarga besar Wipro.  Berikutnya Wipro Run merupakan ajang kebersaman komunitas Wipro bersama dengan keluarga, sahabat, supplier dan siapapun yang ingin ikut serta untuk merayakan semangat “Berlari”.

Sebagai salah seorang  Wiproite yang bekerja di Unza Vitalis – salah satu perusahaan Group Wipro ini, tentu saja dengan penuh semangat saya mengajak keluarga saya untuk berpartisipasi dalam acara ini. Uniknya, walaupun eventnya dilakukan dalam satu hari, namun sebenarnya  Spirit of Wipro Run ini dibagi menjadi 3 phase mengikuti thema besarnya yakni “ GROW “:

1.      Grow Strong (Registration Phase).

2.      Grow Muscle (Training Phase).

3.      Grow United (Event Day).

Jauh-jauh hari sebelumnya saya sudah diinformasikan akan diselenggarakannya acara Wipro Run ini dan diajak ikut serta mendaftarkan diri serta mempersiapkan diri agar menjadi kuat (Grow Strong). One Day,One Choice, One Glorious  Win-ajaknya . Pendaftaran ditutup pada akhir bulan July.

Berikutnya, dalam phase Grow Muscle,  saya diingatkan kembali untuk mempersiapkan otot-otot saya guna   menghadapi event ini. Namun bukan hanya otot saja yang perlu dipersiapkan,  mental pun perlu dipersiapkan juga. Mental untuk bersemangat dan berkompetisi dengan pelari yang lain. “To Be A Runner You Need To Be A Fighter!!”.

Dalam phase Grow Muscle, setidaknya panitia mengingatkan kami para Wiproite sebanyak 3 x untuk mempersiapkan diri dan berlatih. “Greatness Can Be Achieved In A Day.With Practise” katanya.

Tentu saja ini sangat baik,mengingat para karyawan yang sehari-harinya disibukkan dengan pekerjaan, cenderung lupa berlatih dan mempersiapkan diri. “Don’t Miss Your Training Today!”. Jadi, agar bisa sukses dalam acara Spirit of Wipro Run, mempersiapkan diri terlebih dahulu sangatlah penting.

Pada hari H-nya, pagi-pagi sekali sayapun membawa kedua anak saya ke Alam Sutera untuk ikut berlari bersama karyawan lain beserta keluarganya. Banyak yang datang membawa istri, suami,anak-anak,keponakan, ibu atau bahkan teman-temannya. Lumayan ! Ramai juga. Menurut Yosie Kuranji,   yang mengkoordinir acara ini di Jakarta- ada sekitar 350-an peserta yang terdaftar di Jakarta. Panitia mempersiapkan makanan, minuman serta snack bagi para peserta. Juga tempat bermain bagi anak-anak.

Acara dimulai dengan pidato pembukaan dari Mr Neeraj Khatri selaku Chief Executive Officer Unza Vitalis,  perusahaan dari Group Wipro yang ada di Indonesia. Lalu pelepasan balon ke udara yang dilakukan bermai-ramai oleh semua peserta Spirit of Wipro Run. Sunggguh pagi yang meriah oleh balon-balon yang mengambang di langit dan bunyi sirine yang mengiringi.

Berikutnya panitia mengajak seluruh peserta untuk  melakukan pemanasan terlebih dahulu, sebelum akhirnya acara lari sepanjang 4 kilo meter disepanjang Alam Sutera Boulevard inipun dimulai.  Semua peserta pun bergerak. Tua, muda, laki,perempuan. Ada yang berlari cepat,  ada yang berlari lambat, ada yang setengah berlari, ada juga yang hanya sekedar berjalan kaki sebagai penggembira. Banyak karyawan yang  sambil lari membopong anaknya.Ada juga yang sambil mendorong kereta bayinya. Anak-anak yang sudah cukup besar berlari melesat mendahului orangtuanya. Acara ditutup sekitar pukul 9.30  pagi dengan pengumuman pemenang, penyerahan hadiah dan pembagian makanan.

Saya melihat tingginya semangat yang ditunjukkan oleh para Wiproite ini sungguh mengesankan.  Di sini yang saya lihat adalah kebersamaan dan kesetaraan. Selain itu ajang ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi setiap karyawan Wipro untuk saling memperkenalkankeluarganya masing-masing, sehingga saling lebih mengenal satu sama lain.Harapannya, seluruh keluarga akan lebih mengenal perusahaan dengan lebih baik,memberi kepercayaan dan dukungan yang lebih kepada anggotanya yang menjadi karyawan di  Group Wipro.

Saya merasa bangga menjadi bagian dari tradisi Spirit of Wipro Run ini. Dan sekaligus merasa beruntung menjadi salah satu Wiproite diantara puluhan ribu Wiproite yang ada di dunia ini.

Let’s Run!

8 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s