Singapore: Marina Bay and Merlion Park.

Standard

Karena transit dan harus menunggu pesawat selama beberapa jam di Singapore, maka dengan sengaja saya keluar bandara  untuk bermain dan bersenang-senang. Sedikit agak diketusin petugas Imigrasi Singapore atas kesalahan kecil yang saya perbuat, akhirnya sayapun berhasil melenggang keluar.  Menumpang taxi dengan seorang pengemudi yang ramah, sampailah saya di Merlion Park di Marina Bay.

Sebenarnya ini bukan kunjungan pertama saya ke tempat ini. Cuma karena saya belum punya kegiatan ngeblog, saat itu saya tidak mengabadikannya dengan baik. Tentu saja suasananya tidak berbeda jauh. Masih ramai seperti bisasanya. Lalu apa yang bisa kita lihat dan lakukan di sana?

Patung Merlion.

Tentu saja patung ini merupakan icon utama tempat wisata ini. Kita bisa menemukan ada 2 buah di sini.Besar dan kecil. Merlion adalah lambang Singapura. Sebagaimana kita tahu,Merlion adalah gabungan ekor Merlin (ikan duyung) dan kepala Lion (singa). Mengapa demikian? Konon Singa adalah binatang yang ditemukan ada di sana oleh sang penemu kota Singapore, sedangkan  ekor ikan adalah perlambang bahwa dulunya tempat itu adalah sebuah perkampungan nelayan. Merlion yang besar menghadap ke arah pelabuhan Marina dengan mulut terbuka mengucurkan air mancur yang deras. Saya rasa, setiap orang yang datang ke Singapore selalu ingin mengambil fotonya di dekat patung ini

Bangunan-Bangunan Menarik Di Marina Bay.

Melihat ke sekeliling Marina Bay dengan menumpang kapal kayu yang menyusuri bay itu, saya seperti berada dalam dua dunia yang berbeda dan kontradiktif. Dimana kejayaan masa lalu, sisa-sisa peninggalan kolonial masih terasa, sementara bangunan baru dengan arsitektur masa kini mulai merangsek masuk ke dalam .

Singapore Flyer

Singapore Flyer adalah tempat yang paling mudah untuk melihat kota Singapore dari ketinggian. Bentuknya seperti roda kincir raksasa yang berputar dan membawa pengunjung ke ketinggian, dimana dari ketinggian itu, pengunjung bisa melihat sekeliling kota Singapore. Konon dari Singapore Flyer, bukan hanya Singapore yang terlihat dari tempat ini, namun sebagian wilayah Malaysia dan Indonesia seperti pulau Batam dan pulau Bintan juga terlihat. Saya sih belum pernah naik ke atasanya. Namun saya pikir, Singapore Flyer ini sangat serupa dengan Manchester Wheel yang pernah saya coba  naiki di kota Manchester-Inggris beberapa tahun yang lalu.

Esplanade

Gedung berkubah mirip baskom kawat tertelungkup ini merupakan sebuah gedung theatre yang terletak di pinggir Sungai Singapore. Supir taxi mengatakan bahwa kubah atap gedung itu mirip durian. Ya, Saya pikir ada benarnya juga. Memang mirip durian juga. Terutama kalau kita lihat atapnya dari dekat. Mirip banget dengan duri buah durian.

ArtScience Museum

Ini adalah bangunan yang sangat saya sukai bentuknya. Sangat sesuai dengan namanya, arsitektur bangunan ini merupakan gabungan penciptaan karya seni dan ilmu pengetahuan. Mirip bunga, namun terlihat sangat futuristik.

Marina Bay Sands.

Bangunan ini juga bentuknya sangat indah. Merupakan pusat hiburan terpadu yang berdiri di tepi teluk Marina. Isinya adalah hotel, restaurant, shopping mall dan sebagainya.

Namun diluar bangunan-bangunan futuristik itu, kita juga menemukan bangunan-bangunan tua. Sisa-sisa jaman  dulu.

Hotel Fullerton.

Hotel ini sangat jelas menunjukkan sebuah sisa kejayaan masa lalu.  Berusaha terlihat kokoh diantara bangunan-bangunan baru yang menyerbu masuk.

Selain itu kita juga masih bisa melihat bangunan-bangunan lain, jembatan dan bekas pertokoan jaman dulu yang masih terpelihara rapi dan baik hingga sekarang.

Lomba Mendayung.

Dengan menumpang perahu kayu dengan motor tempel itu, saya berhasil melihat-lihat  ke sekeliling teluk Marina.  Dan bahkan sempat menonton acara balapan mendayung beregu yang cukup seru. Meriah karena selain diikuti oleh banyak orang, namun juga karena diiringi dengan irama musik gendang yang bertalu-talu yang semakin memicu semangat.

26 responses »

  1. Mbak, saya dulu pernah sekali ke SG dan ada kata-kata bapak yang sangat saya ingat saat di pantai, “Dik, bapak miris lho kalau kesini. Dulu pertama bapak kesini batas pantainya ada di sekitar kursi itu (sambil nunjuk belakang di daratan agak jauh dari pantai), sekarang makin lama makin maju. Ini pasirnya pasir Indonesia lho dik yang bisa bikin tambah maju.”

  2. Aku beberapa kali ke Singapore sampai sekitar 9 th yang lalu, namun tidak pernah bisa mencintai kota ini. Memang cocoknya hanya numpang lewat saja ya hehehe. Tapi ingin pergi lagi melihat bangunan baru yang dibangun dalam 10 th terakhir karena aku belum lihat. Terutama Marina Bay Sands-nya.

  3. singapura itu punya banyak bangunan megah juga, ngga kalah..
    keindahannya mungkin yang sedikit berbeda dengan Indonesia..
    yang mau saya tanyakan, kota itu punya pengemis dan banyak sampah seperti di Indonesia ngga ya?

    • Sepenglihatanku sih nggak Tin. Aku belum pernah melihat pengemis di Singapura. Dan kotanya bersih. Biasanya sangat bersih. tapi kemarin saat aku di sana, lagi banyak daun daun berguguran..agak kotor sedikit , tapi oleh sampah tanaman. Bukan sampah buatan manusia..

  4. …seperti berada dalam dua dunia yang berbeda dan kontradiktif…. pernyataan perangkum selama SRC, di sungai yang meski tidak jernih namun resiknya layak ditiru. Salam

  5. Marina Bay Sands sangat megah. Mbangunnya ngeri, karena seperti ada perahu di puncaknya.
    Saya melihat ketika belum jadi dan masih banyak alat berat di puncaknya…
    Melihatnya ngeri karena tinggi sekali

  6. Aku suka sekali melihat Hotel Fullerton. Blm pernah melihatnya scr langsung si. Awalnya hanya dari foto2 yg dl pernah diambil oleh Suamiku wkt dia kesana. Bangunan tua yg masih terawat dgn baik. Gak kayak area Kembang Jepun di Surabaya yg kusam dan terlantar.

  7. bulan april tahun 2013 saya baru kesana ,,,

    dan apa yang dirasa disana adalah capek mba😮 , orang” disana jalan nya cepet” banget ..

    hehehehheeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s