India: Belajar Yoga di Tempat Asalnya.

Standard

Suatu sore setelah usai beberapa session serius di kampus berkaitan dengan  Leadership, Six Sigma dan sebagainya, seorang teman India memberi pengumuman bahwa besok pagi akan diadakan Session on Yoga di Banquet Hall. Bagi yang berminat belajar Yoga, diharapkan berkumpul pada pukul 6 pagi.  Wah, kesempatan yang sangat menarik.  Tentu saja saya segera memutuskan untuk ikut.

Yoga! Bagi sebagian orang di Indonesia, terutama yang tinggal di Bali atau bahkan di Jakarta, tentu bukan merupakan hal baru. Banyak sekali kelas-kelas Yoga bertebaran dan bisa diikuti oleh siapapun yang berminat. Namun mengikuti kelas Yoga di negara asalnya tentulah merupakan hal yang sangat menarik dan baru buat saya.

Esok harinya,pagi-pagi sekali sayapun segera bangun.Membersihkan diri dan bersiap ke tempat Yoga dengan berpakaian senyaman mungkin. Yang berminat ternyata bukan hanya saya.Banyak juga teman-teman yang lain yang berminat. Sehingga Hall yang cukup besar itupun lumayan penuh terisi oleh peserta yang telah berdiri di atas matrasnya masing-masing. Guru Yoga saya segera memimpin kami dan memberikan arah-arah dengan dibantu seorang asistentnya untuk memudahkan kami meniru gerakannya. Bahasa Inggrisnya pun sangat jelas dan mudah dimengerti. Sehingga seluruh peserta yang terdiri dari berbagai bangsa pun bisa mengikuti dengan baik.

Sebagaimana banyak orang sudah paham, Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti  “penyatuan diri dengan semesta dan Sang Pencipta”. Jika kita berlatih Yoga, maka sebenarnya kita berlatih untuk memusatkan perhatian sehingga kita mampu mengontrol dan mengendalikan panca indera kita. Sebenarnya ada beberapa jenis Yoga yang memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Karena ini adalah pertama kalinya,maka kamipun hanya diajarkan Karma Yoga sederhana untuk pemula yang tentunya tidak terlalu memberatkan.

Pada intinya Yoga mengajarkan kita untuk  mengoptimalkan:

1.       Nafas kita, untuk melancarkan energy dan vitalitas kita.

2.      Peregangan  otot-otot tubuh kita,  sehingga kita bisa memebantu membentuk tubuh kita dengan lebih baik

3.      Berlatih untukmeningkatkan kelenturan tubuh dan meningkatkan kekuatan fisik kita.

4.      Relax – melepaskan segala ketegangan dan menjaga agar tubuh tetap sehat.

5.      Merasakan getaran  yang positive.

6.      Meditasi guna mendapatkan ketenangan,kedamaian dan mengontrol pikiran kita.

Secara umum, saya bisa mengikuti pelajaran Yoga ini. Beberapa term dan gerakannya seperti Asana, Pranayama, beberapa mudra dan sebagainya,sudah tidak asing lagi bagi saya. Namun tetap saja ada satu-dua gerakan yang  agak sulit juga  saya lakukan. Namun dengan sedikit usaha dan memusatkan pikiran,akhirnya berhasil juga saya lalui dengan baik. Banyak hal positive yang benar-benar saya rasakan setelah mengikuti session Yoga ini.

Dengan memusatkan perhatian pada aliran nafas yang keluar masuk melalui rongga hidung, saya jadi menyadari bagaimana hidung saya  telah melakukan tugasnya setiap detik dengan baik sekali untuk menopang kehidupan saya.  Saya jadi  menyadari betapa besarnya jasa udara yang ada di sekitar terhadap diri saya,yang sekaligus memicu saya untuk menyadari kebesaran kasihNYA. Demikian juga ketika saya memusatkan perhatian saya pada anggota tubuh saya yang lain. Pada mata,pada bibir, pada ujung jari tangan dan sebagainya.Semuanya meningkatkan kesadaran saya akan diri saya, tubuh saya dan alam sekitarnya.  Saya adalah bagian dari semesta dan semesta berada di dalam diri saya. Berterimakasih dan merasakan syukur yang luarbiasa atas kasih sayang dan karuniaNYA.

Yoga di  India! Rasanya sulit bagi saya untuk melupakan pengalaman ini.

9 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s