Sepuluh Tahun, Aldo.

Standard

Hari ini ulang tahun Aldo. Tak terasa sudah sepuluh tahun berlalu sejak pertama kalinya ia menghirup udara di planet Bumi ini. Sepuluh tahun juga saya telah menjadi ibunya. Tidak seperti kakaknya yang  calm dan lebih dewasa dari umurnya, Aldo memiliki kepribadian yang separuhnya berbeda dengan kakaknya. Ia sangat aktif dan tidak bisa diam. Berlari,meloncat, bergoyang,menari, berputar dan sebagainya.  Namun buat saya, dua-duanya sama menariknya. Dan dua-duanya sangat membanggakan hati saya. Mungkin karena saya ibunya. Hari ini, saya ingin menuliskan hal-hal yang saya banggakan akan anak saya ini.

Bagaimana Aldo lahir?

Sama seperti kakaknya, sayapun harus menjalani bedah caesar untuk menolong Aldo hadir ke dunia. Tentu saja tidak direncanakan seperti itu. Saya mengalami kembali kondisi yang sama dengan saat menjelang melahirkan kakaknya dulu, sehingga dokter tidak mau mengambil resiko. Apa boleh buat. Lahir dengan suara tangisan yang sangat kencang, Aldo sungguh bayi yang tidak sabaran. Ia akan berteriak jika saya terlambat sedetik saja menyusuinya. Bayi rupanya telah memiliki kharakternya sejak lahir.  Saya tetap menyusuinya hingga ia berumur 4 tahun. Karena ia tidak menyukai susu formula dan lebih menyukai susu ibunya. Kata pertama yang bisa ia ucapkan adalah “Mama”. Dengan sendirinya kata tanya pertama yang ia bisa adalah “Mana? Mana? Mana?” Ia seorang yang sangat demanding!.

Fokus, Disiplin Dan Ambisius

Dibanding kakaknya yang tenang dan santai, Aldo sangat fokus dan ambisius. Pada umur 3 tahun, ketika mengetahui kakaknya memenangkan piala dalam sebuah perlombaan di perayaan 17 Agustus, Aldo  denga serta merta menginginkan piala juga. Ia sangat semangat dan fokus untuk mendapatkannya. Dan… ia benar-benar berhasil!!!. Saya salut akan kegigihannya. Namun di satu sisi, kadang saya agak khawatir juga dengan sifatnya yang tak mau mengalah. Harus selalu menang.Tapi untungnya, saya pikir saya mulai bisa menggiringnya ke arah yang positive.  Walau terkadang saya menyangka ia tidak menguasai pelajarannya dengan baik, ia selalu pulang dengan deretan angka 100 untuk setiap ulangan sekolahnya. Sangat jarang ia membawa pulang kertas ulangan dengan nilai di bawah 100.  Semoga ia tetap berhasil kedepannya. Aldo cenderung disiplin mengikuti peraturan yang ada. Ia sangat anti dalam melakukan pelanggaran terhadap aturan sekolah.

Aktif, Berani dan Tabah.

Hal lain yang juga sangat menonjol pada Aldo adalah keberaniannya dan ketabahannya dalam mencoba hal-hal baru. Melompat , memanjat, naik tali temali, skateboard dan sebagainya.  Sedikitpun tidak mengenal rasa takut.Kadang-kadang saya khawatir juga sebagai ibunya. Tapi tentu saja saya tidak mau mengekangnya juga. Akhirnya saya hanya bisa memintanya berhati-hati dan berdoa saja. Untungnya selama ini kelihatannya ia cukup mampu mengontrol dirinya dengan baik.

Ia sangat menyukai olahraga. Sangat suka bermain sepakbola dan bermain badminton. Juga suka musik pop dan ngedance. band favoritenya adalah One Direction. Tentunya , seperti anak-anak lain, ia juga sangat menyukai games dan internet .

Mahluk Sosial Yang Sangat Penyayang.

Sesuatu yang saya perhatikan dengan Aldo adalah kawannya yang sangat banyak. Kesetiakawanannya  membuatnya menjadi populer di kalangan teman-temannya. Kalau saya menjemputnya ke sekolah, saya selalu mendengar teriakan teman-temannya,baik laki maupun perempuan memanggil, “ Aldooo! Aldooo!!”.  Aldo sangat penyayang dan sangat sensitive terhadap perasaan orang lain. Ia selalu berhati-hati dengan perkataan dan perbuatannya agar jangan sampai menyakiti hati orang lain.

Hal lain yang juga sangat menonjol adalah kasih sayangnya terhadap mahluk hidup lain. Sangat perhatian pada binatang. Jika ia memelihara binatang,maka ia benar-benar mengurusnya. Tak segan-segan mengobati kucing atau burung yang terluka sayapnya. Kadang-kadang saya berpikir bahwa ia lebih layak menjadi seorang dokter hewan ketimbang saya.

Ia selalu membawa kebahagiaan ke dalam hati saya semenjak ia lahir hingga pada detik ini. Dan ia juga yang menjadi alasan untuk banyak hal yang saya lakukan di dalam hidup saya. Happy Birthday, my beloved son!.

24 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s