Maldivian Art: Oil’s Drops On Water.

Standard

Pernahkan anda melihat tetesan-tetesan minyak tanah yang tumpah dan mengambang di air? Ada rasa nyesek dan sedih kelita kita melihatnya, karena memikirkan pencemaran yang terjadi dan tentu saja merasa sayang kalau  memikirkan berapa rupiah yang terbuang percuma begitu saja akibat tumpahan minyak itu. Namun jika kita perhatikan baik-baik, kadang-kadang tumpahan minyak meninggalkan bentuk-bentuk berupa bulatan, lonjong, garis lengkung, gelombang dan sebagainya yang cukup indah juga. Apalagi terkadang kita melihat kilauan warna biru, hijau, pink dan sebagainya yang bercampur baur. Sehingga secara keseluruhan terkadang kita melihat image-image yang mencengangkan juga darinya.  Saat SD, saya juga ingat pernah diajak oleh guru saya melakukan ‘expriment seni’ dengan menumpahkan Cat berberapa warna di dalam sesember air, mengaduknya lalu menempelkan kertas gambar di atas permukaannya. Kami biarkan hingga kering,maka terciptalah lukisan-lukisan indah yang menakjubkan. Sangat menarik!.

Walaupun tidak sama, namun ketika pertama kali melihat lukisan-lukisan yang dipajang di didnding sebuah artshop di Maldives, saya membayangkan bahwa sang seniman yang pertama kali menciptakan aliran lukisan ini mendapatkan inspirasinya saat memperhatikan tumpahan minyak yang mengambang di atas air.

Ini adalah salah satu aliran lukisan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Jadi saya tidak tahu apakah gaya lukisan seperti ini sudah sangat umum dimana-mana, atau  memang hanya ada di Maldives. Entahlah. Namun bagi saya, lukisan ini sangat menarik. Sangat serupa tetesan minyak yang tumpah,namun distylir sedemikian rupa, sehingga muncul bentuk-bentuk tiga dimensi yang bisa kita rekognisi. Sangat menarik. Namun sayang, saya hanya bisa mengupload beberapa jenis saja, karena beberapa lukisan yang lain, ada yang menggambarkan situasi percintaan yang terlalu vulgar dan bergairah. Sehingga saya tidak bisa menguploadnya di sini. Jadi saya hanya upload yang sekiranya ‘aman-aman’ saja.

15 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s