Cara Mengundang Kupu-Kupu Hitam Berbando Putih Ke Halaman.

Standard

Andani-Papilio demolion 2Tanah air kita sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Sayangnya, kita tidak memiliki cukup banyak para ahli bangsa kita yang melakukakn penelitian,menganalisa dan membuat tulisan tentang berjenis-jenis spesies tanaman ataupun hewan yang menghuninya. Salah satu kekayaan hayati kita adalah puluhan atau bahkan mungkin ratusan jenis kupu-kupu indah yang terbang bebas di udara hangat Indonesia.

Saya sendiri bukan seorang ahli kupu-kupu. Tapi saya sangat menyukai kupu-kupu dan sering menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton tingkah laku mereka yang terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain di halaman. Saya pun mengumpulkan berbagai macam foto kupu-kupu Indonesia, setiap kali saya melihatnya dan kebetulan jika saya sedang membawa kamera. Juga sudah menuliskan beberapa diantaranya. Tentu saja tulisan seadanya, dari kacamata seorang penggemar kupu-kupu. Dan bukan dari seorang ahlikupu-kupu. Setidaknya buat catatan, siapa tahu dokumentasi saya ini kelak ada gunanya.

Kupu-kupu Hitam Berbando Putih atau Papilio demolion, adalah salah satu yang sangat menarik untuk ditulis. Sesuai namanya, Kupu-kupu ini berwarna hitam dengan bercak-bercak teratur berwarna putih kehijauan, atau  broken white yang berbaris rapi membentuk sebuah pita yang mirip bando, baik pada sayap belakang maupun pada sayap depannya. Badan dan kepalanya serta antenanya berwarna hitam pekat.

Kupu-kupu ini termasuk berukuran sedang dengan bentang sayap sekitar 4 – 5 cm. Tidak berbeda jauh ukurannya dengan jenis kupu-kupu lain dari keluarga Papilio.  Terbangnya agak tinggi, dengan kepak sayap yang cukup cepat hingga gerakannya sulit tertangkap kamera. Jika kita menyukainya, kita bisa mengundang kupu-kupu ini dengan menanam tumbuhan:

Si Nona Makan Sirih.

Kembang Si Nona Makan Sirih, baik species yang memiliki kelopak berwarna putih maupun yang berwarna pink, sama-sama disukai oleh  Kupu-kupu Papilio demolion ini. Saya sering memergokinya ketika sedang sibuk terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain pada batang tanaman ini. Bahkan ketika ia sudah berputar-putar lagi ke bunga yang lainnya, namun kupu-kupu ini sangat sering balik kembali ke pohon kembang Si Nona Makan Sirih ini. Menandakan bahwa bunga tanaman ini adalah bunga favoritnya.

Bunga sebenarnya berwarna merah terang, memiliki 5 lembar mahkota bunga yang jika terbuka lebar akan membuat benang sarinya kelihatan menjulur panjangkeluar. Namun karena ukuran kelopaknya yang berwarna putih cukup besar, maka bunga ini kelihatan seperti berwarna putih dengan sari merah. Demikian juga yang berkelopak pink, kelihatannya seolah berwarna pink.

Tanaman ini memiliki batang yang menyandar. Sehingga sangat cocok untuk ditanam di dekat pagar rumah. Sangat efekti untuk mengundang kupu-kupu yang terbang di jalan atau di halaman rumah tetangga untuk datang.

Kembang Lidah Berjanggut (Penstemon sp).

Tanaman ini juga  sangat disukai kupu-kupu. Batangnya berukuran pendek,kurang lebih 30 – 40cm. Bunganya halus yang muncul dari tangkai bunganya yang berbentuk tajuk lumayan panjang, berwarna ungu pucat berbentuk tabung, dan jika mekar akan mirip dengan lidah yang menjulur. Menarik sekali jika dikumpulkan di dalam sebuah pot yang besar. Sebenarnya ada banyak jenis dan warna.

Kupu-kupu Papilio demolion ini juga kelihatan sangat hobby wara wiri di sekeliling bunga ini.  Serupa dengan pada kembang Si Nona Makan Sirih, pada bunga inipun Kupu-kupu hitam ini akan datang lagi dan lagi, walaupun sudah terbang dan menclok ke bunga-bunga yang lainnya.

Sebenarnya masih ada banyak bunga-bunga lain lagi yang disukai kupu-kupu ini, seperti misalnya bunga jarak hias (jatropha), bunga pagoda,  dsb.

_

9 responses »

  1. Keren foto-fotonya mba…
    Saya lihat foto-foto kupu-kupu ini malah jadi inget novel lawas favorit saya. Novel yang berjudul Papillon. Disampul depannya ada gambar kupu-kupu kecil.
    Salam,

  2. Pingback: Attacus atlas ? | Berbagi Kisahku

  3. Pingback: Kupu-kupu dan Bunga Semak | Berbagi Kisahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s