Valentine: Cinta Adalah……???

Standard

Andani Cinta

Belakangan saya memperhatikan statistik pengunjung ke blog saya meningkat ke arah tulisan yang saya upload tahun lalu Hello Sayang, Selamat Hari Valentine Ya…”.  Oh, rupanya menjelang hari Valentine  ya. Pantes saja banyak yang search seputaran cinta dan valentine. Ada yang mencari cara untuk mengucapkan Selamat hari Valentine, ada yang mencari cara untuk membuat surprise di hari Valentine, ada yang sekedar iseng ingin mendengar kisah hari Valentine, dan sebagainya. Saya memikirkan sebuah search term  yang menarik “Cinta adalah…?”

Wah.. siapa yang bisa menjawab? Di mata saya terasa sangat mirip dengan soal ulangan dari guru kelas di bangku sekolah yang harus dijawab. Tinggal diberi penjelasan diatasnya:Please fill in the blank!.

Cinta adalah…? Hmm.. apa ya?  Jawabannya bisa jadi sangat beragam. Tergantung dari suasana hati seseorang.

Sebagian orang mungkin akan mengatakan Cinta adalah kasih sayang yang tulus. Namun mungkin sebagian orang lain akan mengartikan Cinta sebagai hasrat yang berkobar. Ada juga yang menganggap bahwa Cinta adalah pengorbanan. Namun ada juga yang menyaratkan bahwa Cinta berarti memiliki. Ada lagi yang mengatakan Cinta adalah perasaan suka terhadap orang lain.,namun begitu cinta dikontaminasi dengan keegoisan dan hasrat kuat memonopoli, maka cinta seketika berubah menjadi cemburu dan menyakitkan.Cinta adalah ketika kita memberikan perhatian lebih kepada seseorang tanpa meminta balasan. Barangkali itu yang disebut orang sebagi cinta tanpa syarat. Cinta seorang ibu kepada anaknya.

Semakin dipikir, semakin banyak lagi pemikiran tentang cinta muncul.  Cinta adalah adalah kemauan untuk melindungi, keinginan untuk merawat. Love is all about caring. Love is about giving attention. Love is about commitment. Love is believing. Love is blind.. weh..banyak sekali.

Cinta telah dibahas manusia sejak jaman dulu, namun tetap saja banyak hal tentang cinta yang belum mampu dijawab oleh manusia dengan baik. Banyak pertanyaan yang terasa hilang lembaran kuncinya. Cinta sedemikian dalam menembus hati manusia. Adakah orang yang mampu mengukur kedalaman cinta?. Demikian juga ketika orang mengatakan Cinta bagaikan gelombang. Jika cinta bisa datang, apakah sebenarnya cinta juga bisa pergi? Kalau pergi, kemanakah gerangan ia pergi? Mengapa terkadang kita bersedia mengorbankan hidup kita demi orang yang kita cintai? Wah..banyak lagi yang tidak saya mengerti tentang cinta. Love is totally a mystery.

Walaupun cukup sering mengucapkan cinta, cukup sering merasakan cinta dan merasa menerima banyak cinta sepanjang perjalanan hidup saya, baik dari orangtua, keluarga, pasangan dan para sahabat saya,  kok rasanya tetap saja sulit menjawab pertanyaan ini dengan sempurna.

Namun yang jelas cinta itu ada dalam setiap hati manusia. Cinta menjadi alasan orang untuk bertahan hidup. Cinta juga yang menjadi pemantik api semangat orang-orang dalam menjalani kehidupan. Itulah yang saya pikir terjadi di dalam hidup saya. Saya berusaha melakukan segala hal yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk orang-orang yang saya cintai.  Karena mereka adalah alasan saya untuk tetap bertahan hidup.  Okeyy.. Namun itu tetaplah tidak mampu menjawab dengan 100%  pertanyaan “Cinta adalah…???”

Karena merasa tak mampu menjawab dengan baik, maka sayapun akhirnya ceklak-ceklik  search di Google “Cinta adalah…?”.  Saya malah ketemu sebuah lyrics lagu jadul yang ditembangkan oleh Malyda di tahun 80 atau 90-an:

Cinta adalah kenangan/ rasanya tak mudah dilupakan/Cinta adalah kenangan/indahnya tak dapat dibayangkan..”

 Maka sayapun bersenandung seperti Malyda ;  Cinta adalah kenangan..

Selamat Hari Valentine, kawan…

10 responses »

  1. suka banget sama lagu itu juga Mba Made. Hihihihi.
    memang susah kalau diminta untuk melengkapi kalimat cinta adalah…. interpretasi orang pasti berbeda-beda. Tapi yang pasti bahasa cinta universal Mba. *halah *padahal ga ngerti maksudnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s