LIGA SAINS SMP PEMBANGUNAN JAYA 2013.

Standard

Liga Sains SMP Pembangunan Jaya 2013

Saya mendapatkan surat pemberitahuan dari sekolah bahwa anak saya Andri terpilih oleh sekolahnya (SMP RICCI II) untuk mengikuti LIGA SAINS SMP PEMBANGUNAN JAYA 2013.  Apa itu? Anak saya menjelaskan bahwa ia akan melakukan Science Presentation dalam bahasa Inggris berkaitan dengan teknologi ramah lingkungan. “Tapi kompetisinya hari Sabtu. Seninnya kan Ulangan Umum, Ma!”kata anak saya. “Nggak apa-apa!Maju aja!” Kata saya mendorong. Lalu saya bertanya, apakah ada anak lain lagi yang dikirim dari sekolahnya? Anak saya menjawab. Ada beberapa kompetisi: Matematika, IPA, Komputer dan Science Presentation yang dibuka untuk murid-murid SMP se Jabodetabek. Jadi dari sekolah mengirim beberapa orang murid. Untuk Science Presentation, sekolah mengirimkan 5 orang. Empat orang adalah kakak –kakak kelasnya di kelas 8. Jadi anak saya sendiri yang dari kelas 7. Berarti nanti, selain harus bertarung dengan murid-murid sekolah lain, ia juga harus bertarung dengan kakak-kakak kelasnya.

Liga Sains SMP Pembangunan Jaya 2013-2Nggak apa-apa paling kecil. Justru itu kesempatan untuk belajar juga dari kakak-kakak itu”kata saya mendorong keraguan anak saya. Terus terang karena kesibukan pekerjaan kantor yang sangat padat, saya tidak sempat melihat apa yang akan dipresentasikan oleh anak saya,hingga malam Sabtu.  Ia berkata bahwa ia akan mempresentasikan Nano Technology dan dampaknya terhadap Lingkungan Hidup. Apa? Aduuh..saya seperti tersengat listrik. Bagaimana mungkin anak umur 12 tahun akan mempresentasikan Nano Technology? Saya pikir seharusnya ia berbicara soal energy tenaga angin ataupun paling jauh tenaga matahari.

Walaupun saya tahu anak saya punya minat yang sangat besar terhadap ilmu Kimia dan belajar Kimia secara autodidak, tapi anak saya baru kelas 1 SMP. Secara resmi ia belum mendapatkan pelajaran kimia. Terlalu muda untuk berbicara tentang technology yang berskala sub atomic itu. Bagaimana ia akan mempresentasikan tentang Nano Technology dengan baik ? Mungkin jurinyapun tidak akan percaya bahwa itu adalah pemikirannya sendiri. Aduuh! Tapi karena anak saya bersikukuh akan berbicara itu, akhirnya saya pun tidak bisa berbuat apa-apa.  Saya tidak ingin merusak moodnya dengan melakukan kritisasi pada detik-detik terakhir. Akhirnya saya cuma menyarankan kepadanya agar ia besok berbicara lebih keras dan diperlambat saja. Karena setiap harinya ia berbicara sangat cepat dengan volume suara yang rendah. Tentu akan menyulitkan orang lain untuk menangkap dengan baik, terutama jika presentasi dilakukan dalam bahasa Inggris.

Liga Sains SMP Pembangunan Jaya 2013 -1Hari Sabtu saya menemani anak saya ke Liga di SMP Pembangunan Jaya di Bintaro. Mau melihat dari dekat bagaimana kompetisi itu akan berlangsung.Banyak anak-anak dan guru-guru dari sekolah-sekolah lain sudah berkumpul di sana. Dari SMP Ricci, SMP Islam Plus, SMP Negeri 5,  SMP Global Jaya, SMP Anissa, SMP Daarul Quran dan sebagainya masih banyak lagi. Selain tentunya murid-murid dan guru-guru SMP Pembangunan Jaya.

Pada pukul 8.00 pagi, Liga Sains dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saya menyanyikan lagu ini dengan  perasaan yang sangat terharu, dengan airmata mengambang nyaris menangis. Setelah itu tentu saja ada beberapa kata sambutan.

Ada yang menarik hati saya saat pimpinan Sekolah Pembangunan Jaya berpidato,mengatakan bahwa kompetisi ini terbuka untuk murid-murid SMP sejabodetabek, namun saat ini mereka tidak mengirimkan wakilnya untuk maju ke dalam kompetisi. Objectivenya adalah Sekolah Pembangunan Jaya akan memfokuskan diri dan memanfaatkan moment ini untuk mendidik murd-muridnya menjadi Event Organiser yang baik. Sebuah ide yang sangat baik!.

Menjelang kompetisiAkhirnya kompetisipun dimulai. Sayangnya, tidak seperti yang saya duga, kompetisi Science Presentation rupanya diadakan di ruangan kelas yang tertutup. Sehingga saya tidak bisa menonton anak saya. Tapi tentu saja, seperti biasanya saya serahkan kepada anak saya untuk mejalaninya dan kepada Yang maha Kuasa untuk mengatur. Hasilnya ya terserah. Namanya juga kompetisi. Mungkin menang, mungkin juga kalah.

Saat pengumuman, anak saya tidak masuk ke dalam Top 3. Saya lihat score anak saya ada di ranking ke 7. Rupanya semua pemenang 1-3 untuk Science Presentation berasal dari Sekolah Ricci. Ada beberapa nomor berikutnya juga yang diatas score anak saya berasal dari Sekolah lain. Anak saya kelihatan kecewa, tapi tetap berusaha menguasai emosinya.   Lalu saya bilang kepada anak saya. ”Tidak apa-apa kalah. Karena yang namanya ikut kompetisi, kita harus siap menerima kemenangan atau kekalahan. Menang tidak boleh sombong, kalah tidak boleh terlalu kecewa”  Saya mecoba menghiburnya dan mengajaknya tetap untuk memberikan selamat kepada pemenang yang adalah kakak-kakak kelasnya sendiri dan kepada Ibu Gurunya yang telah sukses mengantarkan anak didiknya ke ajang Science yang cukup bergengsi ini.

Andani - Peserta LIGA SAINS 2013 Dari SMP Ricci II“Ambil pelajaran dari kakak-kakak kelasmu yang sukses itu. Lakukan perbaikan. Suatu saat, pasti kita berhasil juga” ajak saya kepada anak saya. Bagaimanapun ia belum berhasil masuk ke dalam Top 3 Scorer, saya tetap bangga akan prestasi anak saya. Mengingat bahwa ia peserta yang masih sangat muda. Masih kelas 7 , sementara yang lain kelas 8. Selain itu juga toh masih banyak peserta lain yang scorenya masih di bawah dia. Nomor 8, 9, 10,11 dan seterusnya.”Bukankah ranking 7 masih lebih baik dari ranking 8 atau ranking 13?” tanya saya. Anak saya mengangguk. “Jadi tidak usah berkecil hati. Lain kali coba lagi” kata saya sambil mengusap kepalanya dan sekalian pamitan kepada Ibu Gurunya. Anak saya mulai kelihatan tenang dan menerima.

Saya pikir sebenarnya ajang kompetisi seperti ini juga sangat bagus bagi setiap sekolah untuk membandingkan qualitas kurikulum masing-masing. Perolehan score untuk setiap mata kompetisi tentu sedikit tidaknya ada kaitannya dengan focus dan qualitas pengajaran dari setiap sekolah masing-masing. Dari sini kita bisa melihat contohnya, misalnya Sekolah Anissa ternyata lebih fokus pada pendidikan komputer, karena banyak pemenang kreatifitas IT ini dimenangkan oleh sekolah itu. Matematika banyak dimenangkan oleh sekolah lain. Dan seterusnya.

Pemenang Kompetisi MatematikaDalam sebuah Liga seperti ini, kemenangan anak didik, tentu adalah kemenangan bapak dan ibu gurunya. Kemenangan anak didik juga berarti kemenangan Sekolah dan kemenangan Dunia Pendidikan itu sendiri.

Saya sebagai salah satu orang tua murid yang ikut dalam LIGA SAINS SMP PEMBANGUNGAN JAYA 2013, menyatakan salut dan angkat topi untuk upaya team Sekolah Pembangunan Jaya dalam menyelenggarakan LIGA SAINS ini. Kompetisi selalu merangsang peningkatan kualitas menuju arah yang semakin baik. Semoga selalu sukses!.

13 responses »

  1. Selamat buat Andri, sudah mendapat kesempatan mengikuti sebuah kompetisi (liga) sains. Ini adalah awal yang baik, karena (semoga) masih ada kesempatan lagi di masa yang akan datang.
    Semoga kelak menjadi ahlinya Nano Technology di Indonesia. Saat ini masih langka di negeri ini.

    Supaya termotivasi, saya perkenalkan salah satu aset bangsa, beliau adalah uda Andrivo Rusydi.
    http://indonesiaproud.wordpress.com/2010/03/04/andrivo-rusydi-ilmuwan-teknologi-nano-kelas-dunia/

  2. Selamat ya Andri, pencapaian yang luar biasa, terpilih mewakili sekolah dan berani tampil sudah prestasi, peringkat akan mengikuti berikutnya. Ibu Pertiwi bangga akan generasi muda pengembang teknologi nano. Salam

  3. Kegiata seperti ini sungguh sangat bermanfaat ya jeng. Jika acara ini digelar secara rutin da masiv di semua sekolah tentu bisa menambah semangat para siswa dan bisa meminimalisir tawarun antarv pelajar.
    Terima kasih atas reportasenya yang lengkap
    Salam hangat dari Surabaya

  4. Wah…
    hebat sekali Andri mba….selamat yaaah…
    aku aja yang udah se tua inih, pasti gak bakalan bisa kalo disuruh presentasi pake B Inggris…
    apalagi tentang teknologi…*ngebayangin nya aja udah pengen pingsan*…hihihi…

    Belum berhasil gak apa apa yah Andri🙂
    buat nambah pengalaman dan jam terbang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s