Sukses Adalah…

Standard

Melati ThailandSeorang kerabat sekampung saya menulis di wall facebooknya kurang lebih seperti ini “Sukses itu : Nganter anak latihan karate, Sempai ngga datang, bensin habis, banyak kios bensin pinggir jalan, tapi pada ngga jualan.#sukses mendorong motor pagi ini…” Ha ha! Saya tertawa membacanya. Bukan karena senang atas penderitaan kerabat saya itu. Tapi merasa geli akan caranya menanggapi permasalahan hidupnya sehari-hari. Bagaimana ia menjalani kehidupannya dengan penuh semangat dan penuh kasih sayang kepada anaknya, mendapatkan masalah, merasa kecewa, lalu menghadapi masalah dan menghadapi kekecewaannya dengan gagah berani dan akhirnya mentertawakan dirinya dan dunia dengan akhir kalimat “sukses mendorong motor pagi ini…” . “Wisdom – Satire”!. Kalau ada istilah seperti itu, barangkali cocok menurut saya untuk mendeskripsikan situasi itu.

Sangat jelas tersirat kebijaksanaan di dalamnya. Dan pelajaran yang bisa dipetik oleh orang lain untuk bagaimana sebaiknya kita menghadapi kekecewaan dan permasalahan yang datang setiap hari ke dalam kehidupan kita. Yang namanya dalam kehidupan,tidak bisa dipungkiri bahwa kekecewaan dan ketidaksuksesan tentu bisa datang kapan saja  sebagai penyeimbang dari kepuasan dan kesuksesan.

Saya lalu membayangkan jika hal itu terjadi pada saya. Seandainya kegagalan dan kekecewaan datang ke dalam hidup saya dengan bertubi-tubi? Apakah saya akan sedemikian kemrungsung yang membuat sesak atau bahkan sakit di kepala dan juga di hati? Atau akankah saya mampu berbuat yang serupa dengan yang diperbuat oleh kerabat saya itu? Bisakah saya menanggapinya dengan tidak terlalu serius, namun tetap tertawa dan berusaha menemukan sisi positive yang ada?  Dengan demikian dunia akan terasa lebih lapang. Karena menyunggingkan senyum dan melepas tawa, setidaknya akan melonggarkan perasaan terhimpit. Membuka pintu lebar-lebar bagi kesedihan dan kekecewaan untuk keluar dan pergi menjauh.

Ya!. Belajar dari kisah ini, tentu saja saya akan memilih  untuk selalu berusaha menemukan sisi positive yang ada. Agar saya bisa ikut tertawa dan senantiasa merasa lapang.

Namun pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana kita bisa menemukan sisi positive dari sebuah kekecewaan? Menemukan sebuah kesuksesan yang layak dirayakan diantara kegagalan? Bukan pekerjaan yang mudah dilakukan, bukan? Ibarat berusaha menemukan sebatang jarum di tumpukan jerami.

Sebuah perjalanan panjang untuk mencapai sebuah goal tertentu, pastinya mengandung banyak sekali langkah-langkah kecil yang menyusun perjalanan besar itu. Setiap langkah kecil itu mungkin saja mengandung kegagalan atau mungkin juga kesuksesan. Dengan memecahnya menjadi fragment yang kecil-kecil, akan memudahkan kita untuk menemukan sebuah kesuksesan kecil diantara tumpukan fragment yang menggunung.  Dan sukses, tentu saja bisa diukur dari banyak sudut dan dengan berbagai macam ragam penggaris. Seperti yang dilakukan kerabat saya.  Ia memecah kejadian hari itu dengan beberapa fragment, dan salah satunya adalah fragment mendorong motor. Terlepas dari cerita besarnya bahwa anaknya tidak sukses berlatih karate, ia toh telah berhasil mendorong motornya hingga ke rumah. Nah, itulah bagian cerita suksesnya.

Dan bagi saya, ia tidak saja sukses mendorong motornya,namun juga sukses dalam mengatasi kekecewaannya dan mengungkit rasa senangnya bangkit ke permukaan dengan cara menemukan sisi sukses kecil yang ada dalam fragment kecil dari sebuah cerita besar kegagalan. Jelas sekali cerita besar tentang kekecewaan dan kegagalan itu, ternyata mengandung juga unsur kesuksesan.

Jadi sukses bukanlah semata ketika kita berhasil mencapai goal akhir kita, namun juga ketika langkah-langkah kecil kita ambil dalam menempuh perjalann panjang menuju goal itu sendiri.  Sehingga tidaklah heran ketika kita melihat banyak orang mengutip sebuah kalimat bijak “ Success is a journey, not a destination“. Walaupun saya tidak merasa jelas akan siapa yang pertama kali menuliskan ‘quote’ ini, saya menyatakan setuju akan kebenarannya.

Sekarang saya benar-benar merasa perlu untuk tersenyum. Saya senang membuat diri saya merasa positive.

24 responses »

  1. karena bersyukur ya bun jadi bisa menghadapi sedikit masalah dengan senyuman dan dikatakan sukses🙂
    aku juga kemarin sukses hujan-hujanan mencari kunci rumah yang ternyata kuncinya dikantongi pascal dan dibawa ketempat les🙂

  2. iya, tu baru namanya perjuangan, jadi serasa sukses itu wah banget…, sama kayak saya dulu, lamar kerja sana dan sini, ditolak mulu,tapi saya tidak menyerah. akhirnya saya diterima kerja juga.

  3. Excellent! Berarti ini bisa diartikan sukses dalam mengatasi kekecewaan, ya, kak? Makna sukses tiap-tiap orang itu berbeda. Namun, di dalamnya pasti akan selalu ada sisi positif bagi yang sedang menapakinya😀

  4. Saya setuju bahwa sahabat kt tsb sudah bisa mencari sisi positif dr kekecewaannya.
    Artinya dia sudah menemukan cara untuk mengobati kekecewaamnya🙂

  5. yuph bner banget mbok, sesuatu sukses yang kecil akan mengantarkan kita pada sukses yang lebih besar, ya ga mbok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s