Chocolate Pansy Butterfly.

Standard

Chocolate Pansy ButterflyAda banyak jenis kupu-kupu yang jarang tertangkap masuk ke dalam jepretan kemera saya. Salah satunya adalah Kupu-kupu coklat yang memiliki corak sayap yang serupa dengan tampilan minuman coklat misalnya chocolate machiatto dan sejenisnya.   Karena coraknya yang indah itu, secara umum tampilan kupu-kupu ini tetap terlihat menarik, walaupun warnanya tidak meriah dan terlalu dekat dengan warna tanah.  Itulah Kupu-Kupu Sayap Coklat alias Chocolate Pansy Butterfly (Junonia iphita).

Kupu-kupu berukuran sedang ini (sekitar 5 cm) saya temukan beberapakali di daerah Sukabumi yang memiliki ketinggian beberapa ratus meter dari permukaan laut. Sangat sering terbang rendah di rumput-rumput atau tanaman pendek  di permukaan tanah.Sesekali bahkan hinggap di tanah atau di cornblock taman. Saya memergokinya selelu berkeliling di sekitar tanaman bunga Cuphea (tukang tanaman menyebutnya dengan nama bunga Taiwan Beauty) yang digunakan untuk border taman.  Dan anehnya, kupu-kupu ini selalu cenderung hinggap di bunga yang berwarna putih. Padahal ada dua jenis bunga Cuphea yang ditanam di sana. Yang putih dan yang ungu. Namun entah kenapa, kupu-kupu ini selalu saya lihat memilih bunga yang berwarna putih. Ada apa dengan bunga putih ya?

Walaupun tidak memiliki corak mata yang besar untuk menakut-nakuti lawannya,kupu-kupu ini masih berhubungan saudara dengan Kupu-kupu Blue Buckeye yang banyak berkeliaran di sekitar rumah saya di Bintaro. Sehingga kalau kita perhatikan baik-baik,  selain bentuk tubuhnya yang serupa, pada bagian belakang sayapnya kita juga  bisa menemukan bintik-bintik mirip mata yang berbaris.

_

8 responses »

  1. Sama ngga ya dengan kupu2 coklat yang banyak di sekitar sini. Tapi yang di sekitar rumah saya warnanya lebih gelap, kayaknya sih .. hehehe *nggak yakin.

  2. Kemarin di sadaya farm aku juga motret kupu2 ini Mbak Dani.cuma liar banget susah di tangkap lensa. Sementara waktu terbatas krn banyak yg mau dipotret. Jadinya cuma 3 shoot hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s