Ha Long Bay: Pulau-Pulau Batu Karang Yang Menawan.

Standard

Ha Long Bay Stone Islet 6Kapal yang saya tumpangi terus berlayar dan mulai mendekati pulau-pulau batu yang tampak bertebaran di depan kami. Saya bergegas menghabiskan makan siang saya,lalu berjalan ke deck kapal. Air laut sangat tenang siang itu. Angin laut bertiup semilir dan sejuk. Kabut tipis menyelimuti perairan laut indah itu. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.  Batu-batu karang tampak mencuat muncul dari permukaan laut mirip duri-duri di punggung naga.  Bertebaran dalam jumlah yang sangat banyak. Menurut guide yang mengantarkan kami, jumlahnya adalah 1959 buah. Wow! Dan Ha Long Bay yang terletak di Teluk Tonkin ini merupakan salah satu area yang diresmikan sebagai “UNESCO world Heritage Site “  pada tahun 1994.

Teluk Tonkin Yang Penuh Sejarah.

Teluk Tonkin! Mendengar nama itu, entah mengapa pikiran saya jadi melayang ke pelajaran Sejarah jaman sekolah dulu tentang asal muasal nenek Moyang Bangsa Indonesia. Dikatakan dalam ilmu sejarah, bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunnan, yang terletak di wilayah China dan berbatasan dengan Vietnam Utara. Mereka bermigrasi sekitar tahun 2000 sebelum Masehi  melalui Teluk Tonkin, Vietnam, Semenanjung Malaka, lalu tiba di Sumatera, Jawa dan  pulau-pulau lain di Indonesia. Sebagian ada juga yang melalui Teluk Tonkin, Taiwan, Filipina, lalu tiba di Sulawesi dan Maluku. Jadi, Teluk Tonkin ini adalah tempat yang sangat penting bagi nenek moyang kita yang berasal dari Yunnan dulu itu. Nah, mungkin ide yang baik juga kalau sesekali kita merenungkan perjalanan mereka itu.

Ha Long Bay Stone Islet 1Selain penting posisinya dalam pelajaran sejarah Indonesia, Teluk Tonkin ini juga sangat penting posisinya dalam Ilmu Sejarah Dunia. Setiap orang tentu ingat akan Perang Vietnam dengan Amerika yang  berlangsung selama 10 tahun itu.  Dan Perang legendaris itupun sebenarnya dipicu oleh sebuah insiden kecil di Teluk Tonkin ini pada tahun 1964 antara kapal patroli Amerika dan kapal penjaga perairan Vietnam Utara.

Nah.. saat saya berada di atas deck kapal di Ha Long Bay ini yang merupakan bagian wilayah dari Teluk Tonkin, pikiran sayapun mengembara membayangkan petualangan yang dilakukan nenek moyang kita itu dulu dan membayangkan suasana perang Vietnam yang pernah terjadi.  Mengingat ke dua hal itu, saya merasa sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk berada di perairan ini.

Ha Long Bay dan Legenda Naga.

Ha Long Bay Stone IsletsSeperti halnya tempat lain di dunia, Vietnam juga memiliki banyak legenda rakyat. Salah satu yang menarik adalah tentang legenda Naga. The Dragon!. Dalam perjalanan, guide kami bercerita bahwa kata Ha Long  dalambahasa Vietnam berarti “Tempat Di Mana Naga Turun”. Lalu dimana tempat naiknya Naga? Kok tiba-tiba sudah turun? Dijelaskan bahwa Sang Naga itu terbang dari Ha Noi – rupanya kota Ha Noi juga memiliki nama lain, yakni  “Thang Long” yang artinya “Tempat Di Mana Naga Terbang”.

 Dikisahkan bahwa pada jaman dulu rakyat Vietnam berada dalam tindasan dan kekuasaan  China. Lalu Sang Naga datang membebaskan rakyat Vietnam dari penindasan itu. Tempat dimana Naga itu turun setelah membantu rakyat Vietnam adalah perairan Ha Long. Di sana Sang Naga mengeluarkan banyak sekali mutiara dari mulutnya dan dikatakan setiap mutiara itu kemudian tumbuh menjadi pulau-pulau kecil yang bermunculan di tengah laut. Ada juga yang mengatakan bahwa pulau-pulau batu yang meruncing ke atas itu adalah sisik-sisik naga yang terlepas saat turun. Entahlah! Mana yang benar dari legenda itu. Namanya juga legenda, tentu tidak pernah ada yang tahu kebenarannya. Namun demikian, saya selalu senang mendengar legenda…

Pulau-Pulau Batu Kapur Dan Catatan Geology-nya.

Terlepas dari sejarah dan legenda Naga yang terkenal itu, satu pertanyaan tentang bagaimana pulau-pulau batu itu secara geology terbentuk tentu tetap menggelitik keingintahuan kita. Mengapa sedemikan banyaknya ada pulau batu bertebaran di teluk itu?

Saya mendapatkan informasi tentang evolusi geology di Ha Long By ini dari site http://www.orientalsails.com/halong-bay/halong-bay-guide/value-of-geology/ . Menurut saya sangat menarik, karena di sini  dijelaskan bahwa pemandangan di Ha Long Bay seperti yang bisa kita lihat saat ini adalah sebagai akibat dari sebuah perjalanan evolusi geology selama ribuan..eh jutaaan  tahun. Menurut catatan ini, pada jaman dulunya, pada Masa Cambrian (700-500 juta tahun yang lalu) wilayah ini mulanya adalah daratan  utama yang mengalami erosi akibat air hujan. Pada akhir masa Cambrian, lalu tergenang oleh air laut.

Ha Long Bay Stone Islet 7Lalu pada Odovic dan Silurian (500-400jt tahu yang lalu), wilayah ini menjadi laut yang dalam, yang mengalami aktifitas tektonik yang tinggi. Dan pada akhir priode Silurian, akibat aktifitas tektonik ini, terangkat membentuk pegunungan di bawah permukaan laut.

Berikutnya pada periode akhir Devonian (340-200jt tahun yang lalu), wilayah ini terangkat ke permukaan laut dan menjadi dataran tinggi medium, akibat aktifitas tektonik.

Namun akibat air hujan yang mengandung asam, pegunungan ini pun mengalami erosi yang parah dan membentuk blok-blok dengan ketinggian yang sama dengan pegunungan aslinya. Erosi semakin parah dan mengikatkan sebagian besar pegunungan batu kapur ini menjadi runtuh membentuk ribuan gunung-gunung batu yang mencuat tinggi.

Pada tahun 70 000 – 11 000 gerowong-gerowong dan gua-gua mulai terbentuk. Dan mulai sekitar 11 000 -7 000 tahun yang lalu, permukaan air laut meningkat dan menggenangi bagian dari kaki pegunungan ini. Diakhir masa Holocene, sekitar tahun 4000 – 3000 tahun yang lalu, permukaan air laut sekali lagi meningkat dan air semakin menggenangi wilayah-wilayah ini meninggalkan perairan laut yang dangkal dengan beribu-ribu pulau batu menjulang tinggi seperti yang bisa kita saksikan hari ini.

Sebuah proses geology timbul tenggelam yang  sangat panjang dan menakjubkan. Tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya. Apakah aktifitas tektonik akan mengangkat wilayah ini kembali ke permukaan, ataukah justru akan menenggelamkannya ke dasar laut kembali. Yang jelas, hari ini mata saya menyaksikan pemandangan yang luarbiasa yang mengingatkan saya akan keagunganNYA. Bersyukur atas keajaiban dunia yang sempat bisa saya lihat dengan mata kepala saya sendiri.

7 responses »

  1. wah .. jadi langsung inget salah satu postingan penulis tamu di blogku mbak yg pernah liburan ke sana juga

    cantik cantik ya mbak pulau batunya , kebayang naik perahu mengelilinginya😛

  2. Subhanallah…. cantik sekali pemandangannya…. mudah2an suatu saat aku bisa sampai kesana.. Trimakasih sdh membuatku bisa ikut menikmati indahnya Ha Long Bay ini, mbak Dani🙂

  3. Cantik banget Mbak Dani. Iyah beruntung dirimu sebagai salah satu saksi dari kebesaran Tuhan ini. Batu-batu besarnya mirip di Belitung tapi tampaknya lebih besar dan terawat yg di Ha Long Bay ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s