Liburan!. Menggambar, Yuk!

Standard

IMG_4458Liburan Sekolah!. Sebulan lamanya. Sayang, saya  hanya bisa menemani anak-anak pada akhir pekan saja, mengingat pekerjaan yang menumpuk di kantor.  Jika tidak melakukan sesuatu selama liburan ini, tentu akan lewat begitu saja tanpa kenangan.  Jadi saya pikir tidak ada salahnya mengajak anak-anak melakukan kegiatan yang menyenangkan di rumah saat akhir pekan. Salah satu aktifitas yang  saya pilih kali ini  adalah menggambar!.

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang sering saya lakukan saat kecil. Menggambar apa saja. Bunga, binatang, pepohonan, orang, dan sebagainya. Sangat menyenangkan! Karena kita bisa menuangkan isi pikiran kita sebebas-bebasnya. Nah saya pikir apa salahnya saya juga ikut bersenang-senang seperti masa kecil dulu lagi?  Itung-itung latihan melemaskan tangan kembali.

Sudah lama saya tidak menggambar. Tentu akan terasa sangat kaku, karena sudah tak terbiasa lagi memegang kuas  ataupun pencil. Anak-anak saya bebaskan apakah hanya ingin menonton saja, atau ingin ikut berpartisipasi menggambar. Jangan takut salah atau gambarnya jelek – karena kalaupun gambarnya jelek, tidak akan ada orang yang akan menjebloskan kita ke penjara juga. Jadi, ekspresikanlah kebebasan pikiranmu sesukanya di atas kanvas, selagi bisa.

Saya sediakan kanvas, buku gambar,  berbagai jenis cat, kuas dan pencil. Terserah mau menggambar apa, mau menggambar dengan  media apa. Tapi akhirnya kami sepakat untuk menggambar sesuatu yang kita lihat di alam saja. Sesuatu yang menyenangkan hati kita.

Alam adalah sumber inspirasi terbaik. Kapanpun dan dimanapun kita kehabisan ide, kita hanya perlu menengok apa yang ada di sekitar kita. Dan tanpa kita sadari, berjuta-juta ide bisa datang dengan tiba-tiba. Di bawah ini adalah beberapa gambar yang dihasilkan dengan mengambil inspirasi dari alam.

IMG_4470Inspirasi Kupu-Kupu Mata Biru.

Gambar ini terinspirasi oleh Kupu-kupu Mata Biru alias Blue Buckeye Butterfly (Junonia coenia) yang banyak beterbangan di halaman rumah dan sekitarnya. Kupu-kupu berukuran kecil ini sangat menarik untuk digambar, mengingat warnanya yang sangat menarik. Kombinasi warna hitam dengan biru yang cemerlang dilengkapi dengan sapuan warna krem terang di ujung sayap atasnya. Yang sangat jelas dari kUpu-kupu ini adalah adanya dua bulatan mirip mata yang sangat menonjol di bagian bawah dari sayap bawah kupu-kupu ini.

Untuk membuatnya terlihat menarik, kita bisa membubuhkan gambar Bunga  Ratna alias Globe Amaranth (Gomphrena globusa) yang emmang disukai oleh jenis kupu-kupu ini.

IMG_4465Inspirasi dari Kupu-Kupu Renda.

Gambar ini terinspirasi dari Kupu-Kupu Hypolimnas betina yang sangat feminin, dimana pinggir sayapnya dipenuhi dengan totol-totol putih diatas dasar hitam yang sangat mirip dengan renda. Kebetulan kupu-kupu ini juga sangat rajin mengunjungi halaman rumah saya, sehingga sangat gampang untuk mengamatinya.  Warna sayapnya sangat menyolok. Memiliki latar belakang hitam, dengan porsi warna putih yang cukup dominant terutama pada bagian sayap bawahnya dan sedikit warna merah jingga terang yang sangat “stand-out’  pada bagian sayap atasnya.

Untuk membuatnya lebih menarik, kita bisa  membubuhkan gambar bunga Zinia (bunga kertas) di sekitarnya.

IMG_4458

Inspirasi Dari Kupu-Kupu Papilio Biru.

Gambar ini terinspirasi dari Kupu-kupu Papilio nareus Blue yang terbang cepat mengintari halaman, mencari nektar dari satu bunga ke bunga yang lainnya.  Sangat menyenangkan melihatnya, karena warnanya benar-benar sangat indah.  Balok balok biru yang berjajar dengan latar belakang warna coklat gelap kehitaman. Ada sedikit sapuan warna merah pada sisi bawah sayapnya yang hanya terlihat dari samping jika kupu-kupu sedang terbang. Warna merah ini tidak terdapat pada sisi atas  sayap. Salah satu bunga yang disukai oleh Papilio biru ini adalah bunga Zinia.

Gambar dibuat dengan cat acrilic diatas kanvas warna putih.

43 responses »

  1. Tinggal dikasih pigura lalu dipasang di dinding…
    Dan pada akhirnya, setelah melewati beberapa kali liburan, maka lukisan itu akan makin banyak jumlahnya. Langkah selanjutnya bikin galeri ataupun dipamerkan…

    Bisa juga diproduksi masal, disablon sebagai taplak meja makan

  2. waaaaaaaaaaaaaaaaah bagus!!!! Yang aku iri adalah kupu-kupu yang digambar itu terbang di sekitar rumah mbak! Aduuuh suamiku pasti senang sekali kalau punya rumah seperti itu😀

  3. waa.. komenku kemarin nggak muncul ya , ulang lagi deh..
    aku suka gambar Hypolimnas dan Zinnia, karena aku udah hafal dua2nya

    nah, yg pengen tahu bunga ratna itu

    • Bunga Ratna itu…itu lho..yang warnanya merah tua keunguan, bentuknya bulat-bulat kaya kancing baju. Banyak kok di jakarta… o ya.. banyak orang di sini nyebutnya Kembang Knop ..atau Bayam Knop… Coba deh digoogling..Globe Amaranth (Gomphrena globusa).. pasti langsung tahu..

  4. Ya ampun, mbaaak…bagus banget!
    Saya paling nggak bisa menggambar, tapi saya sangat suka melihat gambar/lukisan yang indah-indah…rasanya tenang dan nyaman🙂

    Selamat liburan buat anak-anak, mbak Made…smoga semua berjalan menyenangkan…

  5. aaiih… cantik2 lukisannya, mbak…. alhamdulillah ya…mendapat karunia ketrampilan yg bisa mengapresiasi keindahan ciptaan Illahi… Liburan yg kreatif & menyenangkan dg ananda.. oya, tadinya saya bertanya-tanya juga ttg Bunga Ratna itu… coba tak googling ah…

  6. Cantiknya paduan bunga dan kupu, dipigura asyiiik jadi pola sulam pasti eksklusif personal. Multi talent sungguh mBok Ade, suksma berbagi keindahan. Swastyastu.

  7. gambarnya bagus bagus Made….. untuk bisa menggambar seperti di atas perlu keahlian dan berjiwa seni tinggi…
    saya sempet mencoba menggambar pake cat warna, hasilnya hahaha berantakan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s