Buku Tua Aesop’s Fables .

Standard

Aesop's FablesAnak saya bertanya, apakah saya memiliki buku cerita rakyat Indonesia yang ia bisa pinjam untuk dibawa ke sekolah. Saya membongkar rak buku dan menemukan cukup banyak buku cerita rakyat yang bisa ia pinjam. Saya lalu menyarankan agar ia membawa buku cerita Cindelaras dan Jaka Tingkir dan tidak lupa mengingatkan anak saya agar jangan lupa mengembalikannya lagi ke rak buku jika ia sudah selesai dengan kegiatan sekolahnya.

Saat itulah saya melihat kembali sebuah buku tua milik saya yang sudah  agak sobek sobek di bagian sampulnya. AESOP’S FABLES. Sudah usang. Dan tentunya sudah lama sekali sejak terakhir kali saya membacanya.  Ada lebih dari 200 cerita yang dimuat di dalamnya.  Cerita pendek-pendek. Anak saya ikut tertarik melihat buku yang covernya sudah agak compang camping itu.   Dan karena Liburan Lebaran sudah mulai, maka saya berjanji kepada anak saya akan menceritakan kepadanya satu per satu setiap hari selama liburan. Sisanya, saya persilakan ia membacanya sendiri.

AESOP menurut legenda adalah seorang budak yang lahir di Sardis di pulau Samos, Yunani.  Konon hidup antara tahun 620 – 560 sebelum masehi.  Menurut cerita Aesop dibebaskan oleh tuannya karena pengetahuan dan kebijaksanaan yang dimilikinya. Sebagai warga yang merdeka, kemudian ia pergi ke Athena dan menjadi sangat terkenal dengan cerita-ceritanya.  Kebetulan pada saat itu, Athena di perintah oleh seorang tyrant yang bernama Peisistratus yang anti terhadap kebebasan berbicara.  Karena Aesop sedemikian terkenalnya, dan kisah-kisahnya pun banyak menyentil kebijaksanaan politik pemerintah dengan kisah-kisah yang diperankan berbagai binatang, maka Aesop pun ditangkap. Akhirnya ia dihukum mati karena dianggap menghujat dan dilemparkan dari tebing.

Buku ini ditulis oleh Jack Zipes, dan diterbitkan pada tahun 1992 oleh penerbit New American Librabry.  Tak terasa sudah lebih dari 20 tahun yang lalu. Saat itu harganya US $ 4.95.  Meskipun ada yang mau membeli, tentu saja saya tidak mau menjualnya sekarang .

Saya senang membaca cerita-cerita pendek Aesop – karena banyak pelajaran yang bisa saya petik darinya.

9 responses »

  1. Sering denger judulnya. Baru tahu sejarahnya Aesop. Tragis juga ya dilempar ke tebing. Semoga pesan2 moral dalam ceritanya bisa diserap anak yang membaca ya.

  2. Mbak Dani, rupanya Aesobs termasuk salah satu orang jenius yg tidak menguntungkan penguasa..Dan mereka yg mendapat berkah ini selalu berakhir mati dengan kesedihan bagi yg ditinggalkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s