Salwar Kameez…

Standard

Salwar KBeberapa hari ke depan ada sebuah acara resmi yang meminta saya hadir dengan dress code yang sudah ditentukan: Salwar Kameez. Wah.. apaan itu? Saya belum tahu. Akhirnya dengan melakukan browsing internet sayapun menemukan penjelasan bahwa Salwar Kameez adalah salah satu pakaian traditional India yang berasal dari negara bagian Punjab. Saya merasa sudah mendapatkan gambaran yang cukup baik tentang jenis pakaian yang dimaksudkan. Cukup banyak juga saya lihat digunakan oleh para wanita di jalanan di kota Bangalore.  Terdiri atas 3 potong. Gaun atas kurang lebih selutut, celana panjang dan  selendang panjang. Secara umum sangat mirip dengan pakaian muslim yang mudah kita jumpai dimana-mana. Cuma warnanya biasanya agak lebih cemerlang. Ada juga sih yang warnanya kalem dan polos, tapi  jarang. Terutama jika digunakan untuk keperluan pesta, selain warnanya biasanya lebih cemerlang, umumnya juga penuh dengan motif dan payet-payet khas India.

Oleh karenanya, saat ada sedikit waktu santai dan kebetulan saya sedang ada urusan di dekat daerah pertokoan,maka sayapun melihat-lihat counter-counter  yang  menjual banyak pakaian muslim. Barangkali ada satu dua pakaian India yang juga terjual di sana.  Saya melihat-lihat. Keluar masuk counter. Tidak satupun saya menemukan apa yang saya cari. Ada banyak busana muslim sih. Tapi tidak ada yang design maupun motifnya cocok disebut sebagai busana India. Ternyata cukup sulit ya menemukannya.  Saya lalu mulai berpikir, jika akhirnya saya tidak menemukannya – barangkali saya akan membeli salah satu busana muslim dengan warna yang cerah lalu payet-payetnya – jika memang dibutuhkan, mungkin akan saya pasang sendiri saja.

Setelah berpikir begitu, tiba-tiba saya melihat sebuah busana yang sangat indah sekali terpajang di sebuah counter. Warnanya coklat kehijauan dengan hiasan payet yang tebal dan rapi dengan design yang sangat menarik. Payet yang digunakan juga bukan dari jenis yang murah. Qualitasnya sangat bagus. Saya memegangnya dan mulai mematut-matut diri di depan kaca. Salwar Kameez! Inilah yang dimaksud dengan Salwar Kameez untuk pesta. Wah..kalau saya membeli dan mengenakan busana ini, terus menggunakan make up secukupnya, lalu menata rambut saya, menggunakan accessories yang sesuai… siapa tahu barangkali tampilan saya sedikit mendekati bintang bollywood Aishwarya Rai….

Hai.. Hai.. .. saya tergelak sendiri di dalam hati oleh khayalan saya yang melambung terlalu ketinggian. Baru usai dengan khayalan itu, tiba-tiba Si Mbak penjaga counter berkata kepada saya bahwa baju itu tidak dijual. “Pesanan orang, Bu” katanya. Oh! Alangkah kecewanya hati saya. Padahal saya ingin beli,lho! Serius!. “Ooh,gitu ya Mbak. Berapa sih harganya? “ tanya saya ingin tahu. Lalu si Mbak berkata dengan entengnya “ Tiga juta, Bu!”. Hah? Mahal amir! Walaupun barangkali bagi sebagian orang harga tiga juta untuk sebuah gaun adalah biasa saja, namun bagi saya itu sangat  kemahalan.  Tentu saja saya tidak akan tega mengeluarkan uang sebanyak itu untuk sebuah gaun yang akan saya pakai hanya sekali. Dalam hati saya beryukur bahwa baju itu ternyata pesanan orang dan tidak mau dijual oleh Si Mbak. Jadi saya punya alasan untuk urung membeli. “Oke deh,Mbak. Terimakasih ya” kata saya sambil melenggang keluar.

Di counter berikutnya saya melihat sebuah gaun lagi.  Bukan Salwar Kameez. Ini lebih mirip gamis kali ya.  Tapi motif gaun itu menurut saya India banget. Jadi,saya pikir barangkali bisa sedikit saya akalin, dengan memotong bagian bawahnya. lalu nanti akan saya pasangkan dengan celana panjang saya yang ada. Harganyapun lebih masuk akal buat kantong saya.  Jadi saya berniat mencobanya. Karena itu hanya sebuah counter kecil yang tidak punya kamar pas,  si Mbak menyarankan saya untuk menyikutkannya di badan saya. Ya ampuuun.. Ternyata ukuran di bagian pinggulnya terlalu sempit untuk saya. Si Mbak menggeleng saat saya tanya apakah punyan ukuran yang lebih besar. “Size yang ada hanya yang dipajang saja , Bu ” katanya. Apa boleh buat, terpaksa saya keluar dengan tangan hampa.

Salwar Kameez!. Ooh Salwar Kameez!.

4 responses »

Leave a Reply

